Program Muda Berdaya untuk Kedaulatan Pangan 2024 Resmi Dibuka!

0
253

Program Muda Berdaya untuk Kedaulatan Pangan merupakan program yang dirancang khusus untuk mengembangkan potensi mahasiswa dalam menjawab berbagai isu dan masalah sosial melalui pendekatan kebudayaan serta pengembangan kedaulatan pangan di Indonesia. Program ini merupakan inisiatif yang menggabungkan upaya akademik dan lapangan untuk membantu meningkatkan kedaulatan pangan di wilayah pedesaan. Nantinya mahasiswa akan berkolaborasi dengan masyarakat setempat untuk merencanakan, mengembangkan, memperbaiki, dan mengevaluasi strategi kedaulatan pangan yang efektif dan berkelanjutan.

Selain hal-hal diatas, program ini dirancang untuk memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, termasuk pengalaman lapangan yang berharga di desa-desa di Kabupaten Lembata, NTT, yang terkenal dengan keanekaragaman hayati dan budaya lokalnya. Selain itu, program ini diakui oleh beberapa universitas sebagai kegiatan yang dapat dikonversi menjadi Satuan Kredit Semester (SKS). Mahasiswa juga akan mendapatkan pelatihan teknis dalam pengumpulan data kedaulatan pangan serta pengembangan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan kerja sama tim. Program ini juga memberikan kesempatan untuk membangun jaringan profesional dengan mentor dan narasumber berpengalaman di bidang kedaulatan pangan.

Pendaftaran mulai 17 Mei hingga 10 Juni 2024, dengan lokasi program di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Program akan berlangsung selama kurang lebih 8 minggu, dengan 300 mahasiswa ditempatkan di lapangan dan 10 mahasiswa di kantor Kemendikbudristek. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs web Kampus Merdeka. Untuk mendaftar, kunjungi https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang , pilih posisi dan lokasi penempatan yang kamu minati dengan menggunakan kata kunci “Direktorat Kepercayaan” pada kolom perusahaan, isi formulir pendaftaran dengan lengkap, dan unggah dokumen yang diperlukan. Tunggu konfirmasi pendaftaran melalui email.

Persyaratan Pendaftaran

  • Mahasiswa Program D4/S1 perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek RI.
  • Semester 5 ke atas.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Mengisi Formulir Calon Mahasiswa melalui tautan: kemdikbud.go.id/FormMahasiswaMBKP
  • Bersedia melaksanakan program magang secara penuh selama bulan Agustus s.d. Desember 2024.

Program “Muda Berdaya untuk Kedaulatan Pangan 2024” adalah kesempatan emas bagi mahasiswa yang ingin berkontribusi nyata terhadap peningkatan kedaulatan pangan dan pelestarian kebudayaan di Indonesia. Dengan pengalaman lapangan yang berharga dan bimbingan dari para ahli, mahasiswa akan mendapatkan wawasan dan keterampilan baru yang sangat berharga untuk masa depan. Segera daftarkan dirimu sekarang! Ayo, menjadi bagian dari perubahan untuk kedaulatan pangan Indonesia! Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email: direktoratkma@kemdikbud.go.id atau telepon: 0852 2071 1313. Mari bersama-sama kita wujudkan kedaulatan pangan dan pelestarian kebudayaan yang berkelanjutan untuk Indonesia!