Pesta Kesenian Bali Ke-40 & Buleleng Expo Ke-2 Kabupaten Buleleng Tahun 2018

0
1342

Buleleng, Bali – Kegiatan Pesta Kesenian Bali Ke-40 & Buleleng Expo Ke-2  Kabupaten Buleleng Tahun 2018 dengan tema “Teja Dharmaning Kahuripanyaitu Api Spirit Penciptaan atau Kehidupan. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, 17 Mei s.d 21 Mei 2018 di Kabupaten Buleleng, Bali, Provinsi Denpasar.

Dalam laporannya, Koordinator Panitia Kegiatan ini yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, I Putu Tastra Wijaya mengatakan kegiatan ini diketahui bahwa gagasan untuk memunculkan program Pesta Kesenian Bali itu membawa misi antara lain sebagai langkah konserpatif yaitu penyelamatan terhadap khasanah seni budaya tradisional maupun klasik. Dalam kegiatan Pesta Kesenian Bali ini menampilkan kesenian antara lain Pementasan Tarian India (Konsulat India), Pementasan Tari Kontemporer (SMKN 1 Sukasada), Pementasan Tari Pabissu (Disbud Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan), Pementasan Tari Meliangu (Taman Budaya dan Museum Provinsi Sulawesi Tengah, Pementasan Bondres (Universitas Udayana).

Sementara itu, Bupati Kabupaten Buleleng, Putu Agus Suradnyana  mengatakan Kegiatan Pesta Kesenian Bali Ke-40 & Buleleng Expo Ke-2  Kabupaten Buleleng Tahun 2018 berharap banyak perhatian dan partiipasi dari masyarakat, khususunya anak muda sebagai generasi penerus dalam kesenian di Kabupaten Buleleng. Dalam menjaga mutu dan kualitas tampilan Sanggar, kelompok seni yang akan tampil di Pesta Kesenian Bali ini dengan menggandeng Tim pembina yang merupakan perpaduan seniman akademisi dan seniman alam yang profesional dibidangnya.

Selanjutnya, I Made Dharma Suteja selaku Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali perwakilan dari Direktorat Jenderal Kebudayaan mengatakan bahwa pameran ini  berisikan tentang pencapaian-pencapaian kinerja Kemdikbud. “Pameran ini juga menampilkan tim kesenian dari SMKN  1 Sukasada Buleleng yang telah kami berikan bantuan Pemerintah berupa peralatan kesenian yang difasilitasi oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, dan juga Pemutaran Bioskop Keliling dari salah satu UPT Direktorat Jenderal Kebudayaan, yaitu Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali”.

Acara kegiatan ini turut dihadiri oleh Bupati Buleleng, Perwakilan dari Kementerian Koordinator Maritim, Perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Para Kepala OPD se-Kabupaten Buleleng, Para Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali, dan Masyarakat Kabupaten Buleleng yang berbahagia.

TINGGALKAN KOMENTAR