Persiapan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

0
688

Lubang buaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengadakan rapat persiapan terakhir Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019. Adapun Upacara yang diselenggarakan setiap tahunnya pada 1 Oktober ini mengusung tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Sebagai negara yang memiliki keberagaman suku, etnis, dan agama, toleransi menjadi salah satu isu utama yang sedianya diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah. Apalagi banyak pihak sudah menyoroti munculnya kelompok-kelompok intoleran berbasis etnis atau agama yang berani bertindak diskriminatif dan bahkan melakukan kekerasan menjadikan tema tersebut menjadi tepat adanya.

Agenda rapat membahas mengenai kesiapan terakhir panita penyelenggara di masing-masing bidang. Di antaranya Bidang Upacara, Bidang Pengamanan dan Rolakir, Bidang Perlengkapan dan Tata Tempat Upacara, Bidang Peserta Upacara Non TNI, Bidang Aubade Pelajar, Bidang Humas dan Dokumentasi, Bidang Logistik dan Transportasi, Bidang Keuangan, Bidang Kesehatan dan Bidang Kesekretariatan.

Rapat kali ini lebih menekankan pengamanan, pengawalan dan alur lalu lintas di dalam lokasi upacara maupun daerah sekitar yang terdampak dengan adanya Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Adapun Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila nantinya akan dilaksanakan di Monumen Pancasila Sila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Rencananya upacara ini akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta wakil dan para pejabat pemerintah lainnya.

penulis : Indri Ariefiandi

TINGGALKAN KOMENTAR