Peresmian Pameran Besar Seni Rupa Indonesia “Manifesto ke-4 2014”

  • Post author:
  • Post category:Berita

Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kembali Pameran Besar Seni Rupa Indonesia “Manifesto”. Tema di tahun 2014 ini mengusung “KESEHARIAN: Mencandra Tanda-Tanda Masa”. Gelaran akbar Galeri Nasional  dua tahunan (bienalle) ini merupakan edisi keempat sejak penyelenggaraan perdana pada tahun 2008.

Gelaran ini didedikasikan untuk Hari Kebangkitan Nasional yang ke 100. Sehingga peresmian Pameran Besar Seni Rupa Indonesia Manifesto ke 4 ini juga merupakan perayaan terhadap Hari Kebangkitan Nasional ke 106 dan juga perayaan ulang tahun Galeri Nasional Indonesia yang ke 16.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti menyampaikan bahwa ia sangat menyukai tema pameran kali ini dan berharap selama 19 hari ke depan acara ini dapat berjalan dengan sangat baik. Sementara itu Kepala Galeri Nasional Indonesia, Tubagus Andre Sukmana juga mengharapkan agar pameran ini tidak hanya mendorong para peserta pameran seni ini untuk terus berkarya, tetapi juga untuk seluruh pengunjung agar dapat terinspirasi dan bertambah pandangannya  terhadap Indonesia di masa depan.

Wiendu Nuryanti eds

Sejak 2008, sudah terdapat 350 seniman dari seluruh Indonesia yang telah turut serta memamerkan karya-karya terbaiknya pada Pameran Besar Seni Rupa Indonesia. Nama-nama yang tak asing lagi yang akan ikut turut serta dalam pameran Manifesto #4 antara lain; Jim Supangkat, Rizki A. Zaelani, A. Rikrik Kusmara dan Asikin Hasan. Serta Zamrud Setya Negara dan Bayu Genia Krisbhie sebagai co-kurator. Di antaranya juga terdapat kurang lebih 78 karya seni rupa 2 Dimensional dan 3 Dimensional berupa Lukisan, Patung, Seni Cetak, Seni Kriya, Fotografi, Video Art, Object, dan Seni Instalasi yang akan ditampilkan pada pameran ini.

Kepala Galeri Nasional eds

Agenda besar ini akan dilangsungkan pada 20 Mei hingga 7 Juni 2014 di Gedung A, B, C, dan outdoor, Ruang pameran Galeri Nasional Indonesia. Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat – 10110. Adapun rangkaian acara pagelaran ini adalah seminar “SENI RUPA INDONESIA KINI: Mencandra Tanda-Tanda Masa” pada Rabu, 21 Mei 2014 pukul 10.00 WIB, program “Artist Talk” pada Sabtu, 31 Mei 2014 pukul 14.00 WIB, dan program “Gallery Tour” pada Sabtu, 31 Mei & 7 Juni 2014 pukul 11.00 WIB.

Poster