Penyerahan Simbolis Patung Yesus Untuk Warga Papua

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pada tanggal 7 April 2013, bertempat di Hotel Aston Manokwari-Papua Barat, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, menyerahkan Sertifikat Noken sebagai Warisan Budaya Dunia,  miniatur Patung Yesus dan kunci Mobil Bioskop Keliling kepada Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi dengan disaksikan oleh pejabat di lingkungan Pemprov, Papua Barat dan Kabupaten Manokwari, tokoh adat, Rektor

Universitas Papua, dan para pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mengiringi mendikbud. Miniatur ini merupakan representasi patung Yesus dari bahan logam perunggu dengan tinggi 15 m yang akan di letakkan di Pulau Mansinam. Saat ini, patung Yesus karya seniman Yogyakarta, Yusman, telah berada di Pelabuhan Manokwari dalam bentuk 605 (enam ratus lima) bagian menunggu penyelesaian pembangunan museum. Pembuatan patung ini melalui APBN Perubahan 2012 Direktorat Pelestarian Cagar Budaya.

Pulau Mansinam merupakan pulau yang memiliki nilai sejarah bagi masyarakat Papua pada umumnya, dan umat Kristen pada khususnya. Pulau seluas 400 hektar ini merupakan tempat pertama masuknya agama Kristen di Papua yang dibawa oleh C.W. Ottow dan J.G. Geisler. Keduanya mendarat di pulau ini pada 5 Februari 1855.

Selanjutnya, Mendikbud M Nuh melanjutkan kunjungan ke Pulau Mansinam. Pada kesempatan ini, mendikbud meninjau pembangunan sekolah SMP, museum, gereja, dan lokasi pembangunan patung Yesus Kristus Raja.