Pendidikan Jalan Menuju Kebangkitan Indonesia

0
884

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan secara langsung memimpin upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Senin (2/5).

Dalam sambutannya, Anies Baswedan menyampaikan bahwa pendidikan adalah hal terpenting dalam kehidupan berbangsa. “Segala pencapaian yang telah diraih tak lepas dari peran pendidikan. Mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada kemajuan dan kesejahteraan Indonesia. Maka, memastikan setiap individu di Indonesia mendapatkan pendidikan yang bermutu sama dengan memastikan kejayaan Indonesia,” pesan Anies Baswedan.

_MG_1036

Selain itu, Anies Baswedan juga mengatakan bahwa yang dibutuhkan anak Indonesia adalah memastikan mereka mempelajari apa yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan dunia. “Ada tiga komponen keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak di abad 21, yaitu kualitas karakter moral dan kinerja, kemampuan literasi, serta kompetensi. Karena setiap anak lahir sebagai pembelajar dan tumbuh juga sebagai pembelajar,” ujar Anies Baswedan.

_MG_1049

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016 mengangkat tema “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita”. Harapan dari tema ini adalah pendidikan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia untuk mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depan.