Pemajuan Kebudayaan Berangkat dari Desa

0
667

Jakarta – Dalam sidang pertama pembahasan Bantuan Pemerintah Direktorat Jenderal Kebudayaan di Hotel Century, Jakarta (6/2), Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa pemajuan kebudayaan Indonesia harus dibangun dari pembangunan desa terlebih dahulu.

“Langkah awal yang harus dilakukan adalah bangun dulu masyarakat yang ada di desa. Masyarakat desa sebagai masyarakat yang berada di akar, harus terlebih dahulu memiliki visi dan misi yang sama untuk sama-sama memajukan daerah,” ujar Azwar Anas.

Azwar Anas turut menyampaikan usulan skema Bantuan Pemerintah kepada desa. “Dana Abadi Kebudayaan yang akan diberikan kepada pemerintah daerah harus juga disertai dengan komitmen pemerintahnya untuk memberikan dana pendamping. Jadi tidak serta merta mendapatkan dana dari pemerintah pusat. Yang kedua adalah komitmen apparat desa untuk menjadikan balai desanya sebagai balai budaya desa. Banyak sekali balai desa yang sudah masuk dalam kategori layak, yang dapat juga dimanfaatkan sebagai balai budaya di desa setempat dibandingkan harus membangun bangunan baru.”

Selain itu, sekolah juga menjadi media terdepan untuk memajukan kebudayaan Indonesia. “Sekolah harus dilibatkan dalam proses pemajuan kebudayaan. Bukan hanya dimasukkan dalam media ajar siswa, tapi juga menggunakan fasilitas yang ada di sekolah untuk membantu masyarakat desa untuk belajar,” jelas Azwar Anas.

TINGGALKAN KOMENTAR