Peluncuran Pekan Kebudayaan Nasional 2021, Adaptasi Kearifan Lokal Sandang, Pangan, dan Papan

0
19

Jakarta– Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan meluncurkan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 melalui daring pada Senin, 25 Oktober 2021. Mengusung tema “Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan”, PKN mengadaptasi sebuah kearifan lokal yang bersumber pada Sandang, Pangan, dan Papan.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan, penitikberatan tema pada Sandang, Pangan dan Papan, tak lain untuk menjawab tantangan problem gaya hidup. Pekan Kebudayaan Nasional hadir untuk mengawali perubahan gaya hidup sehingga maju ke cara baru yang berkelanjutan.

“Kebudayaan bisa menjadi pandu menuju Normal Baru. Kebudayaan Nusantara telah dihasilkan lewat praktik sosial selama ribuan tahun dan terbukti membuat kita bertahan hingga kini. Ke sana kita perlu menengok unuk mencari jalan keluar dari dilema hari ini,” ujar Dirjen Kebudayaan.

 

Peluncuran daring Pekan Kebudayaan Nasional, dibuka oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim dan diramaikan sejumlah musisi Tanah Air, yakni Diskoria, Jason Ranti, Shine of Black dan Alffy Rev. Tak hanya itu, peluncuran ini juga menghadirkan khazanah Wastra Nusantara yang ditampilkan dalam peragaan busana.

Adapun penyelenggaraan PKN 2021 yang akan berlangsung dari tanggal 19 sampai dengan 26 November 2021, dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui berbagai platform yang telah disediakan, yakni kanal budaya Indonesiana TV di Indihome saluran 200 (SD) dan 916 (HD), laman PKN.id, dan juga kanal Youtube Budaya Saya. Selain itu untuk kegiatan pembukaan dan penutupan dapat diakses langsung melalui TVRI.

Artikel SebelumnyaTari Jathilan dan Tari Piriang Suluah Muncul Dalam Prangko Seri Tarian Tradisional Indonesia
Artikel Berikutnya289 Warisan Budaya Takbenda Indonesia Ditetapkan Tahun 2021