Pekan Kebudayaan Nasional 2020 Siap Digelar

0
1690
Pekan Kebudayaan Nasional

Jakarta – Setelah mendulang sukses pada penyelenggaran perdana tahun lalu, Pekan Kebudayaan Nasional 2020 siap digelar. Tidak seperti Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang dilaksanakan di Kawasan Istora Senayan, Jakarta, pada tahun ini, dikarenakan Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19, Pekan Kebudayaan Nasional akan dilaksanakan melalui daring atau online. Hal ini disampaikan pada Taklimat Media Peluncuran Pekan Kebudayaan Nasional 2020 melalui kanal Youtube Kemendikbud RI, Jumat (23/10).

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid menyampaikan bahwa Pekan Kebudayaan Nasional 2020 hadir sebagai pijakan dasar dalam menghadapi pandemi. “Tema Pekan Kebudayaan Nasional tahun ini secara spesifik adalah Cultural Resiliance, yang intinya adalah kebudayaan, yang di dalamnya terdapat pengetahuan tradisional, kesenian, dan ragam ekspresi budaya lainnya sebagai basis kita untuk menghadapi masa pandemi ini. Karena di dalam kebudayaan, kita menemukan elemen-elemen yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk memperkuat diri dalam menghadapi situasi saat ini.”

Lebih lanjut, Hilmar Farid juga mengatakan bahwa kebudayaan itu diibaratkan seperti bendera dalam sebuah pertempuran. “Jika diibaratkan dalam sebuah peperangan, ada bendera yang harus tetap dikibarkan. Nah itulah kebudayaan. Pekan Kebudayaan Nasional justru harus hadir dalam situasi seperti ini sebagai bagian dari penyemangat melalui kegiatan kebudayaan,” tukas Hilmar Farid.

Pekan Kebudayaan Nasional yang kedua

Pada penyelenggaraan kedua tahun ini, Pekan Kebudayaan Nasional akan menampilkan 4 program dasar yang secara umum dapat disaksikan melalui tayangan daring, yaitu Kompetisi, Pameran, Pergelaran, dan Konfernsi. Khusus untuk pameran, akan ada dua pameran yang juga dapat disaksikan langsung secara fisik, tentunya terbatas dan dengan protokol Kesehatan, yaitu Pameran Imersif Affandi di Galeri Nasional, Jakarta dan Pameran Pusakan Pangeran Diponegoro di Museum Nasional, Jakarta.

Pekan Kebudayaan Nasional 2020 dapat disaksikan melalui laman pkn.id mulai tanggal 31 Oktober – 30 November 2020.

TINGGALKAN KOMENTAR