Hibah Koleksi dari Bapak Try Sutrisno dan Bapak Hamzah Haz

Bapak Fitra Arda dan Ibu Dewi Murwaningrum dengan Bapak Try Sutrisno

Bogor (5/5) Sahabat Balai Kirti kali ini kami ingin menginformasikan tentang dua Wakil Presiden yang menghibahkan koleksinya untuk Museum Kepresidenan RI Balai Kirti. Yuk, langsung cek informasi berikut.

Bapak Fitra Arda dan Ibu Dewi Murwaningrum beserta tim dengan Bapak Hamzah Haz

Wakil Presiden ke-6 RI periode 1993 – 1998, Try Sutrisno dan Wakil Presiden ke-9 RI periode 2001 – 2004, Hamzah Haz. Kedua Wakil Presiden tersebut pada tanggal 4 Mei 2021, menghibahkan koleksi pribadinya kepada Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. Koleksi para Wakil Presiden tersebut diserahkan dan diterima secara langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Bapak Fitra Arda yang didampingi oleh Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Ibu Dewi Murwaningrum di kediaman pribadi Bapak Try Sutrisno dan Bapak Hamzah Haz.

Ibu Dewi Murwaningrum, Bapak Muhammad Akbar dan Tim dengan Bapak Try Sutrisno

Bapak Try Sutrisno menghibahkan koleksi Pakaian Sipil Lengkap (PSL) berupa jas berwarna gelap, pakaian kerja berwarna gelap, peci berwarna gelap, kacamata dan tempatnya, buku berjudul “Kunjungan Kerja ke-27 Provinsi”, Al-Qur’an, tasbih, dan slop yang sering dikenakan saat beliau menjabat sebagai Wakil Presiden.

Ibu Dewi Murwaningrum menyerahkan plakat Museum Kepresidenan RI Balai Kirti kepada Bapak Try Sutrisno

Sedangkan, Bapak Hamzah Haz menghibahkan koleksi kemeja, sarung, sorban, peci hitam, peci putih, serta baju gamis yang sering dikenakan saat beliau menjabat sebagai Wakil Presiden.

Nah, Bagi Sahabat Balai Kirti yang penasaran dengan koleksi tersebut tunggu tanggal mainnya yaa penyajian koleksi Wakil Presiden Try Sutrisno dan Hamzah Haz di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.

Ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti untuk melakukan pengembangan dan edukasi terhadap koleksi yang ada. Tahapan selanjutnya dari kegiatan ini adalah kajian tentang koleksi yang kemudian akan menjadi rekomendasi dalam menarasikan koleksi tersebut ke dalam tata pamer di Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. Koleksi-koleksi tersebut akan menambah koleksi terkait Wakil Presiden dan menjadi icon tersendiri bagi Wakil Presiden yang sudah purna bakti serta menjadi informasi tentang koleksi yang dimiliki oleh Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti.