Bapak Hilmar Farid bersama Bapak BJ Habibie

 

Bogor (30/4) Museum Kepresidenan RI Balai Kirti pada bulan Abril ini melaksanakan berbagai acara di lingkungan museum untuk menarik kunjungan dari masyarakat dan siswa untuk datang ke museum. Acara itu diantaranya Festival Wastra Nusantara yang didalamnya ada beberapa kegiatan seperti Fashion Show, Pameran Wastra Ibu Negara, Ibu Tokoh Nasional, dan Ibu dari OASE, Pameran Wastra dari Kolektor, Seminar Wastra Nusantara, Bazaar, dan belajar Membatik. Kemudian acara presentasi 10 besar Lomba Karya Tulis Presiden. Terakhir Acara Ayo ke Museum bersama Mojang-Jajaka Kota Bogor yang diikuti oleh anak sekolah SD di Kota Bogor.

Pertunjukan Tari Wastra Nusantara

Kegiatan Wastra Nusantara dibuka oleh Bapak BJ Habibie dari tanggal 8 April 2019 sampai dengan 14 April 2019. Kegiatan ini menapilkan kain-wastra dari Ibu Negara mulai dari Ibu Fatmawati, Ibu Tien Soeharto, Ibu Hasri Ainun Habibie, Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Ibu Megawati Soekarnoputri, Ibu Ani Yudhoyono, dan Ibu Iriana Joko Widodo. Juga ada wastra dari Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan Ibu Rahmi Hatta. Selain itu juga dipajang Kain Wastra dari Tokoh OASE seperti Ibu Puan Maharani, Ibu Rini Sumarno, Ibu Endang Budi Karya, Ibu Endang Pramono Anung, Ibu Erni Tjahjo Kumolo, Ibu Salsia Darmin Nasution, Ibu Shohibah Rohmah Nahrawi, Ibu Ratnawati Jonan, Ibu Surya Wida Muhadjir, Ibu Mulyani Syafrudin, Ibu Hasbiyah Natsir, Ponny Iravati Yahya, Ibu Martati Amran, Ibu Ros Ellyana Prasetyo, Ibu Bintang Puspayoga, Ibu Devi Pandjaitan, Ibu Leomonga Haomasan Gumiwang, Ibu Yasmin Fachir, Peggy Kho Pik Hiang Lukita, Ibu Nanik Hadi Tjahjanto, dan Ibu Nora Tristyana Ryamizard.

Peserta berfoto bersama dengan Bapak BJ Habibie

Kegiatan Lomba Karya Tulis Presiden berlangsung dari tanggal 4 Februari hingga 29 Maret 2019. Pada tahap ini terkumpul naskah karya tulis sebanyak 143 makalah. Pembukaan babak final lomba karya tulis tokoh presiden diresmikan oleh Ibu Amurwani Dwi Lestariningsih selaku kepala museum Kepresidenan Republik Indonesia. Selanjutnya museum mengundang sepuluh finalis terbaik untuk mempresentasikan hasil dari tulisannya dihadapan lima juri di Bogor. Dengan diundangnya para finalis ke museum diharapkan dapat memberikan wawasan dan rasa cinta kepada para pemimpin bangsa terutama tanah air Indonesia.

Dari sepuluh finalis tersebut terpilih tiga orang juara terbaik, tiga orang juara harapan, dan empat orang juara hiburan. Pengumuman pemenang lomba dilaksanakan bersamaan dengan penutupan festival wastra nusantara di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti. Adapun juara petama diraih oleh siswa bernama Ferdinand Daniel Christhoper Sibarani yang berasal dari SMAN 65 Jakarta dengan judul karya tulis “Peran Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Membangun kembali Citra Indonesia terhadap Kepercayaan Dunia Internasional.”

Acara Ayo Ke Museum oleh Mojang-Jajaka Bogor sebagai upaya untuk memperkenalkan kegiatan pemilihan Mojang-Jajaka ke anak sekolah untuk dapat mengikuti jejak mereka dan dapat meneladani mereka dalam kehidupan kesehariannya. Untuk lebih memperkenalkan keberadaan Museum Kepresidenan RI Balai Kirti kepada anak sekolah.