You are currently viewing Museum Nasional Canangkan Program Berkesenian Gratis!

Museum Nasional Canangkan Program Berkesenian Gratis!

  • Post author:
  • Post category:Berita

Jakarta – Mendikbud Anies Baswedan baru saja melantik 10 pejabat yang berasal dari lingkungan Kemdikbud, di Gedung A, Selasa (2/2). Satu di antaranya berasal dari UPT Kebudayaan, yakni Intan Mardiana, Kepala Museum Nasional.

Ditemui usai pelantikan, Intan menjelaskan rangkaian program Musnas periode 2016. “Ke depannya, Museum Nasional memiliki beragam program yang menarik. Salah satunya adalah belajar menari dan bermain musik gratis,” ungkapnya.

Musnas, lanjutnya, akan memfasilitasi guru ajar dan alat musik tradisional yang nantinya akan digunakan oleh para pengunjung museum. “Akan ada pengajar tari dan musik dari berbagai komunitas yang kami ajak bekerja sama. Selain itu, alat musik seperti angklung, kolintang, gamelan, dan sebagainya juga akan disediakan di Musnas untuk para pengunjung,” papar Intan.

Program belajar bermain dan belajar musik tradisional tersebut akan dimulai akhir Februari, setiap Sabtu dan Minggu. Selain berkesenian, Musnas juga akan membuka corner kids dan mini teater yang akan memutarkan film-film Indonesia dan memuat sekitar 400 pengunjung. Sayangnya, mini teater itu baru akan terwujud di awal 2018 mendatang.

Kendati demikian, Intan mengaku memiliki tanggung jawab besar terhadap publik dan kemajuan museum. Menurutnya, mengajak masyarakat untuk datang dan menyukai museum menjadi hal yang sangat penting.

“Sebab, masyarakat, khususnya anak-anak harus cinta terhadap budaya dan mengetahui identitas negerinya sendiri. Targetnya mulai dari anak-anak usia PAUD hingga dewasa. Jadi kami sedang sangat berupaya membuat program-program menarik supata anak-anak dan keluarga mau datang dan datang lagi ke museum,” tukas Intan.