“Museum Menjadi Langkah Nyata untuk Melestarikan Tradisi Masyarakat”

0
322
Museum

Karangasem, Bali – Kehadiran museum di Indonesia semakin berkembang seiring dengan semakin sadarnya masyarakat atas upaya pelestarian budaya Indonesia. Hal ini juga searah dengan upaya pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara adidaya kebudayaan di Indonesia. Kehadiran museum di masa sekarang juga semakin interaktif mengikuti arah pasar pariwisata modern. Salah satunya yang adalah Karangasem Living Museum yang baru saja diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, dan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid (16/6).

Dalam sambutannya, Muhadjir Effendy memberikan apresiasi atas diresmikannya Karangasem Living Museum. “Museum kehidupan yang mengedepankan interaksi kepada pengunjung seperti ini sangat baik, dan juga menjadi langkah nyata untuk menjaga mata rantai tradisi luhur yang ada di masyarakat,” ujar Mendikbud.

Mendikbud juga mengatakan bahwa pengelolaan museum akan turut diawasi oleh pemerintah pusat. “Tadi sudah sempat saya singgung kepada Dirjen Kebudayaan bahwa pengelolaan Karangasem Living Museum juga akan mendapatkan pengawasan dan bantuan pengelolaan oleh pemerintah, yang dalam hal ini berada di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud,” tukasnya.

Karangasem Living Museum adalah museum yang berisi tentang tradisi yang hidup dalam masyarakat Bali, mulai dari lahir hingga wafat. Museum yang sangat asri ini terletak di Jungutan, Karangasem, Bali.

Foto: Jilan Rifai

TINGGALKAN KOMENTAR