Museum Nasional Kembali Gelar Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan 2016

0
1242

Jakarta, 7 Agustus 2016,

Museum Nasional kembali menggelar Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan SMP/MTs Tingkat Nasional.

Museum Nasional Indonesia sebagai satuan kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan (LCCK) Tingkat Nasional bagi siswa SMP/MTs dengan mengusung tema “Mewujudkan Insan Muda Cendekia Berkarakter Budaya Bangsa”. Kegiatan yang memperebutkan piala bergilir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini akan dilaksanakan dari tanggal 8 Agustus hingga 11 Agustus 2016 bertempat di Museum Nasional Indonesia Jl. Medan Merdeka Barat no. 12, Gambir, Jakarta Pusat.

Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan ini adalah salah satu komponen kinerja kegiatan Museum Nasional yang indikatornya antara lain antusiasme masyarakat dalam mengapresiasi museum. Lomba kali ini juga sebagai jawaban atas rekomendasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun, mengingat LCCK tahun sebelumnya mendapat kesan baik dari peserta maupun masyarakat umum. Pada saat kegiatan seleksi di tingkat provinsi, pihak museum nasional turut mengundang museum provinsi terdekat dalam rangka sosialisasi. Kegiatan ini diharapkan akan berdampak positif untuk meningkatkan citra museum sebagai ujung tombak dalam mengenal lebih jauh budaya bangsa. “Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan menunjukan bahwa saat ini museum memiliki peran aktif dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat pada tingkat lebih tinggi. Maksud dan tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk menciptakan rasa bangga dan cinta tanah air melalui wawasan kebudayaan dan sejarah kepahlawanan. LCCK tahun 2016 ini akan diikuti oleh 81 siswa SMP/MTs dan 27 guru pendamping yang berasal dari 27 provinsi, Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan ini memperebutkan piala bergilir dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  yang tahun lalu direbut oleh provinsi Jawa Barat (Museum Sribaduga). Peserta juga akan memperebutkan uang pembinaan dengan total sebesar Rp. 97.500.000.

Melalui kegiatan ini Museum Nasional mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk kembali mengenal dan mencintai sejarah dan kebudayaan bangsa Indonesia.

BAGIKAN
Artikulli paraprakopen ours
Artikulli tjetërPeringatan Hari Kemerdekaan di Museum

TINGGALKAN KOMENTAR