Kunjungan Rutin Sekolah ke Museum Nasional

0
441
Prasasti Ciaruteun_Museum Nasional
Siswa mengamati Koleksi Prasasti Ciaruteun

Jakarta (11/12/18) . Kini sekolah – sekolah di Jakarta mempunyai program rutin berkunjung ke Museum salah satunya adalah  SDN 05 Cengkareng Barat. Mengunjungi Museum Nasional Indonesia dalam rangka Field Trip kegiatan ini telah rutin dilaksanakan setiap akhir semester. Kunjungan kali ini diikuti oleh  90 siswa dari kelas 1 dan kelas 4. Sekolah ini memilih Museum Nasional selain karena sebagian koleksi dan sejarahnya menunjang pembelajaran sekolah terutama pelajaran Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta (PLBJ) dan pelajaran sejarah sebagai upaya memberi bekal kemampuan dan sikap mental untuk mengelola lingkungan alam secara bertanggung jawab, melestarikan nilai-nilai dan mengembangkan budaya Jakarta. Lokasi museum dengan sekolah tidak terlalu jauh, para siswa siswi SDN 05 Cengkareng Barat sangat antusias ketika mengelilingi Museum dengan para pemandu. Diawal kunjungan, mereka mengunjungi Gedung B yang terdapat sejarah tentang manusia dan lingkungan Indonesia. Kemudian dilanjutkan ke Gedung B lantai 2 mengamati koleksi prasasti Ciaruteun yang merupakan peninggalan dari abad ke IV masehi pada masa kerajaan Tarumanegara.

Siswa SD Berkunjung ke Museum Nasional
SDN 05 Cengkareng Barat mengunjungi Museum Nasional Indonesia dalam rangka Field Trip kegiatan ini telah rutin dilaksanakan setiap akhir semester.

Ibu Sundari selaku Ketua Komite dari SD 05 Cengkareng memberikan apresiasi terhadap pelayanan Museum Nasional kepada pengunjung. Ia juga senang melihat antusias siswa – siswi yang belajar langsung tentang sejarah dan kebudayaan di Indonesia.

dengan informasi yang diberikan, para siswa banyak mendapatkan informasi yang dapat di gunakan dalam pembelajaran disekolah, dan siswa – siswi akan menceritakan kembali kepada teman – temannya tetang apa yang telah diketahui ketika berkunjung ke Museum Nasional”

TINGGALKAN KOMENTAR