Webinar “Sumpah Pemuda: Dulu, Kini, dan Nanti”

0
106

Dalam rangka menyambut 92 tahun Sumpah Pemuda, Museum Sumpah Pemuda bekerja sama dengan Komunitas Jelajah menggelar Webinar dengan tema “Sumpah Pemuda: Dulu, Kini, dan Nanti” pada Sabtu dan Minggu, 18 – 19 Juli 2020.

Webinar ini secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Kebuayaan Kemendikbud, Hilmar Farid. Dalam sambutannya Hilmar Farid mengajak masyarakat  untuk mendatangi Museum Sumpah Pemuda melihat perjalanan sejarah yang sangat penting dalam membentuk jati diri bangsa.

“Sumpah Pemuda adalah sebuah ikrar yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia yang datang dari berbagai macam latar belakang. Ini momen yang sangat penting, karena rasa kebangsaan ini memang sesuatu yang ada di tingkat gagasan, sifatnya abstrak, ia adalah suatu elemen yang sangat penting, punya dimensi simbolik yang sangat luar biasa. Jadi saya kira diskusi kita pada pagi hari ini bisa menerangi dimensi simbolik sebagai sesuatu yang sangat penting,” ujar Hilmar Farid.

Pada webinar ini hadir delapan narasumber, yaitu founder Museum Soesilo Soedarman Prof. Dr. Ir. Dwisuryo Indroyono Soesilo, M.Sc., Anggota DPR yang juga Pemerhati Sejarah Dr. Fadli Zon, Ketua Yayasan Cahaya Guru Henny Supolo Sitepu, Penulis trilogi “Negeri 5 Menara” Ahmad Fuadi, Desainer Samuel Wattimena, founder Komunitas Jelajah C. Musiana Yudhawasthi, founder BenihBaik.com Andy F. Noya, Duta Anti Narkoba Olivia Zalianty, dan founder Kurir Kebaikan M. Arief Rosyid Hasan.

Ada empat topik yang diangkat pada webinar ini, yaitu Perjalanan Bangsa Indonesia Membentuk Identitas dan Jati Diri Bangsa (Dulu); Upaya Merawat Kebinekaan Keutuhan NKRI (Kini); Bahasa Indonesia di Hari Depan (Nanti); serta Pemuda, Kepedulian Sosial dan Filantropi (Aplikasi & Refleksi).

Total peserta yang mengikuti webinar ini berjumlah 1.015 orang yang terdiri dari para siswa, mahasiswa, guru, dosen, pemerhati museum, komunitas, dan instansi terkait dari seluruh Indonesia. Tujuan kegiatan webinar ini untuk melaksanakan visi misi Museum Sumpah Pemuda sebagai sarana edukasi dan komunikasi dalam mendukung pembentukan karakter dan jati diri bangsa.

Tayangan webinar ini dapat Anda saksiksan di kanal YouTube Muspada:

Sesi 1: https://youtu.be/prxCGlQO7WU

Sesi 2: https://youtu.be/Kc7keNhJaa8

Sesi 3: https://youtu.be/r7uAkPqxN3I

TINGGALKAN KOMENTAR