Pengumuman Juara Lomba Penulisan Media Pembelajaran Untuk Guru Mata Pelajaran Sejarah Tingkat SMA/SMK/MA Se-Indonesia

0
554

Museum Perumusan Naskah Proklamasi dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya dalam memberikan layanan edukasi kepada masyarakat seputar peristiwa perumusan naskah proklamasi dalam bentuk pelaksanaan program publik, telah melaksanakan serangkaian kegiatan lomba Penulisan Media Pembelajaran Untuk Guru Tingkat SMA/SMK/MA Se-Indonesia sejak tanggal 2 April – 25 Juni 2019. Lomba ini terdiri dari dua babak yaitu babak penulisan naskah dan babak presentasi dalam bentuk konferensi video.

Babak Final Kegiatan Penulisan Media Pembelajaran Untuk Guru Tingkat SMA/SMK/MA Se-Indonesia telah dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2018 melalui konferensi video oleh para nomine di daerah asal masing-masing dan disaksiakan para juri serta panitia pelaksana bertempat di Auditorium Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Sejak pukul 9 pagi, seluruh peserta yang terdiri dari 6 orang nomine telah diundang untuk melakukan registrasi melalui link konferensi video yang dibagikan pada chat room whatsapp grup. Setelah acara resmi dibuka, para juri mengundi nomor urut nomine untuk tampil memaparkan gagasan yang tertuang dalam naskah media pembelajaran yang mereka tulis  di hadapan dewan juri. Dewan juri terdiri dari praktisi sejarah, pendidikan dan kebahasaan yaitu Dr. Kresno Yulianto, M.Hum, Dr. Umasih, M.Hum dan Dr. Luh Anik Mayani, M.Hum.

Para finalis tidak hanya diminta untuk memaparkan hasil penulisan naskah mereka dan mempertahankan opini serta argumentasi mereka terhadap pertanyaan-pertanyaan juri terkait isi dari naskah mereka. Sebagaimana hasil rapat persiapan para juri yang telah dilaksanakan pada tanggal  21 Juni 2018, presentasi para nomine akan dinilai berdasarkan beberapa kriteria penilaian sebagai berikut:

  1. Penampilan (10%);
  2. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (20 %)
  3. Alur logika pemaparan (15 %)
  4. Kemampuan mempertahankan argumentasi (30 %)
  5. Pemanfaatan Museum Sebagai Sumber / Media dalam Pembelajaran Sejarah (25 %)

Sedangkan untuk hasil penilaian akhir, komponen penilaian terdiri dari total penilaian penulisan naskah yang diberi bobot 60 % dan penilaian presentasi dengan bobot 40 %.

Berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri, maka dengan ini diumumkan hasil akhir para pemenang Babak Presentasi Konferensi Video lomba Penulisan Media Pembelajaran Untuk Guru Tingkat SMA/SMK/MA Se-Indonesia yang diadakan oleh Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai berikut:

No.

Juara Nama

Peserta

Instansi Nilai
1 Juara I Iman Zanatul Haeri SMA Hello Motion Tangsel

82,46

2

Juara II Fendy Suhartanto SMAN Mojoagung 80,48
3 Juara III Arif Nikolas Takaeb Sekolah Lentera Harapan Gunung Agung

80,14

4

Harapan I Aprilia Nur Hasanah SMA Plus Al-Hasan 78,76
5 Harapan II Hendro Martono SMKN 1 Temanggung

78,28

6

Harapan III Bachtiar Alamsyah SMAN 2 Slawi

76,61

Pembacaan pengumuman juara oleh para juri dapat dilihat melalui tautan berikut ini: https://youtu.be/wHqITgKYFuA

Demikian pengumuman pemenang ini disampaikan kepada seluruh peserta. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Kepada seluruh peserta yang telah menyerahkan karya penulisan naskah kepada panitia, kami mengucapkan terima kasih atas segala perhatian dan upayanya untuk turut berpartisipasi pada lomba ini. Semoga seluruh pemikiran dan saran para peserta yang tertuang dalam karya mereka menjadi peran nyata para guru saat ini yang kreatif dan inspiratif dalam mengajar sejarah perjuangan bangsa melalui peran museum kepada para siswa sehingga mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter kuat dalam mengisi kemerdekaan demi masa depan bangsa menjadi lebih baik.

Kepada para peserta yang telah mengirimkan 50 naskah pertama akan menerima paket souvenir menarik dari panitia pelaksana lomba yang akan dikirmkan ke alamat masing-masing.

 

TINGGALKAN KOMENTAR