Rabu, (20/5) merupakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Kali ini dikarenakan adanya pandemi, Museum Kebangkitan Nasional tidak mengadakan upacara peringatan Harkitnas secara fisik seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Upacara dilakukan secara virtual dengan menghadirkan animasi pendek yang tayang melalui Instagram TV dan kanal YouTube Museum Kebangkitan Nasional.

Pada hari yang sama pula, Museum Kebangkitan Nasional menggelar Diskusi Daring bertajuk “Anak Bangsa Bicara Kebangkitan Nasional” dengan menghadirkan dua narasumber yang luar biasa. Pertama, yaitu Bonnie Triyana yang merupakan sejarawan Indonesia dan pemimpin redaksi Historia.id. Pembicara kedua adalah Putri Ayudya, salah satu aktor kebanggaan Indonesia yang sudah melanglangbuana di dunia perfilman tanah air dan juga merupakan tenaga pendidik di salah satu universitas. Diskusi ini dimoderatori oleh Zulfa Nurdina Fitri selaku humas dari Museum Kebangkitan Nasional.

Diskusi ini dimulai pada pukul 10.00 WIB, yang diikuti oleh 100 orang melalui webinar Zoom dan live streaming YouTube. Antusiasme peserta diskusi begitu luar biasa, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul di kolom obrolan aplikasi Zoom dan kanal YouTube Museum Kebangkitan Nasional. Hari Kebangkitan Nasional merupakan momentum yang sangat baik bagi bangsa Indonesia untuk bergandengan sebagai sesama anak bangsa tanpa memandang perbedaan suku, ras, maupun agama. Kita harus bersama-sama bergotong royong, merekatkan kembali nilai-nilai kekeluargaan, menjalin kerja sama, saling menolong dan bersatu padu. Kebersamaan sebagai bangsa harus kita tetap tanamkan sebagai pondasi utama agar kita bisa bangkit kembali dalam optimisme normal yang baru.

Upacara Peringatan Harkitnas Virtual dapat ditonton disini https://www.youtube.com/watch?v=UbTkoxlNfho

Diskusi Daring “Anak Bangsa Bicara Kebangkitan Nasional” dapat ditonton disini https://www.youtube.com/watch?v=QTriLJ1wgSU