=

Sekilas Tentang Museum Basoeki Abdullah

Berdirinya Museum Basoeki Abdullah, tak pernah lepas dari sosok pelukis kenamaan Indonesia, Basoeki Abdullah, yang mewasiatkan kepada ahli warisnya untuk menyerahkan rumah dan karya-karya lukisnya, serta koleksi pribadinya kepada Pemerintah Republik Indonesia, guna diijadikan museum untuk dapat diapresiasi oleh masyarakat dan generasi muda.

Penyerahan rumah dan karya-karya  lukis serta koleksi dilakukan oleh para ahli warisnya, yakni: Saraswati Kowenhouven, Cicilia Sidhawati, dan Nataya Narerat, kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan cq. Direktorat Permuseuman.

Bangunan rumah dua tingkat seluas +- 600 m2 dan luas tanah +- 450 m2 tersebut kemudian direnovasi sedemikian rupa agar dapat difungsikan sebagai museum. Kemudian setelah proses renovasi selesai, pada tanggal 25 September 2001, rumah tersebut secara resmi beralih fungsi menjadi Museum Basoeki Abdullah, dan diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata saat itu, Drs. I Gede Ardika.

Koleksi Museum Basoeki Abdullah terdiri dari koleksi lukisan dan koleksi pribadi pelukis Basoeki Abdullah yang berupa patung, topeng, wayang, senjata dan sebagainya. Jumlah koleksi lukisan museum yang dihibahkan sebanyak 123 buah, sedangkan koleksi pribadi (barang dan benda seni) milik Basoeki Abdullah sebanyak 720 buah, dan buku-buku/majalah +- 3000 buah.

Selain memamerkan aneka lukisan dan koleksi pribadi milik Basoeki Abdullah, Museum Basoeki Abdullah juga turut melayani dan berkerjasama bersama masyarakat luas dengan menggelar pameran, seminar, kajian penelitian, lomba, dan workshop, serta menerbitkan bermacam bentuk publikasi berupa katalog, biografi, kumpulan artikel, dan hasil kajian/penelitian dari serangkaian kegiatan lainnya. Museum Basoeki Abdullah senantiasa berupaya dan berinovasi agar dapat menjadi bagian dari pusat kegiatan seni dan budaya bagi masyarakat.

Museum Basoeki Abdullah

Jl. Keuangan Raya No. 19 Cilandak Barat Jakarta Selatan

Telp/Fax: (021) 7698926

Laman: www.museumbasoekiabdullah.or.id

Pos Elektronik: basoeki.abdullah@gmail.com

Jam Berkunjung:

Selasa – Jumat: 08.30 – 16.00 WIB

Sabtu – Minggu: 09.00 – 15.00 WIB

Libur: Senin dan libur nasional