Kompetisi Ada Maestro di Daerahmu

0
941

Sahabat Budaya, kompetisi “Ada Maestro di Daerahmu” merupakan kompetisi untuk mengenal maestro seni tradisi yang ada di daerah-daerah. Kompetisi ini mengajak semua masyarakat untuk mengulik Maestro Seni Tradisi yang dikemas ke dalam konten di Instagram sekreatif mungkin.

Maesto Seni Tradisi merupakan penghargan kebudayaan yang diberikan oleh Kemendikbudristek kepada individu yang secara tekun dan gigih mengabdikan diri pada jenis seni yang langka atau nyaris punah dan mewariskan keahliannya kepada generasi muda.

Yuk, ikuti kompetisi “Ada Maestro di Daerahmu” dan simak ketentuan umum dan teknis di bawah ini:

Ketentuan Umum

1. Kompetisi bersifat terbuka dan tidak dipungut biaya.

2. Karya yang dikompetisikan merupakan karya sendiri, bukan karya orang lain.

3. Jika menggunakan footage orang lain wajib mencantumkan sumber dan musik yang digunakan sebagai ilustrasi harus bebas hak cipta.

4. Karya yang disertakan dalam kompetisi tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan dan politik. Karya yang disertakan dalam kompetisi tidak ada muatan iklan baik dari dunia usaha dan industri.

5. Hasil karya dan segala isi yang terkandung di dalam unggahan konten merupakan tanggung jawab penuh peserta.

6. Hak Cipta atas karya yang diikutsertakan adalah milik peserta.

7. Karya belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi lainnya.

8. Hak terbit dan reproduksi atas karya yang diikutsertakan adalah milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai media promosi nonkomersial.

9. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Ketentuan Teknis

1. Konten kompetisi berisi tentang maestro seni tradisi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

2. Daftar maesto seni tradisi dapat dilihat di sini. Diutamakan mengangkat maestro yang ada di daerah sekitarmu. (Dalam daftar katalog/buku profil terdapat banyak kategori Anugerah Kebudayaan Indonesia, pastikan Sahabat Budaya hanya memilih Kategori Maestro Seni Tradisi)

3. Format konten disesuaikan dengan kreativitas peserta (dapat berupa infografis, karosel, konten trivia, video singkat reels, dsb)

4. Tandai (tag) akun Instagram @budayasaya dengan tagar #budayasaya #kompetisimaestrosenitradisi #kenalimaestrodaerahmu.

5. Akun Instagram tidak boleh terkunci

6. Unggahan karya tidak boleh diarsipkan atau dihapus selama periode kompetisi berlangsung.

7. Peserta wajib mengisi form pendaftaran melalui tautan https://bit.ly/FormLombaAdaMaestrodiDaerahmu

7. Kompetisi berlangsung pada 23 November s.d. 3 Desember 2022.

8. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada 14 Desember 2022.

Artikel SebelumnyaRefleksikan Perjuangan Kaum Perempuan Indonesia, Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Swara Iboe: Dari Nurani untuk Bangsa
Artikel BerikutnyaPelantikan Administrator dan Pengawas di Lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan