Indonesia Tuan Rumah SOMCA 2019

0
577

Jakarta – Sebagai komitmen pemerintah dalam memajukan kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil peran sebagai tuan rumah penyelenggaraan SOMCA (Asean Senior Officials Meeting Responsible on Culture and Arts) yang ke-15. Tahun ini, SOMCA diselenggarakan di Yogyakarta sejak 8 September sampai 12 September 2019.

Tahun ini, SOMCA mengusung tema Embracing The Culture of Prevention to Enrich ASEAN Identity dan akan membahas arah kebijakan berkelanjutan para pemangku kepentingan dari berbagai negara. Perhelatan akbar ini merupakan pertemuan tingkat Pejabat Eselon 1 bidang kebudayaan yang akan membahas Term of Reference, landasan kegiatan kebudayaan, serta usulan Pernyataan Bersama, termasuk membahas kerja sama kebudayaan di tingkat yang lebih tinggi.

Para pejabat eselon 1 yang bertanggung jawab terhadap bidang seni dan kebudayaan nantinya akan berkomitmen unutk memajukan kebudayaan sebagai salah satu fondasi dinamika komunitas ASEAN dan membangun harmoni antarmasyarakat ASEAN.

Adapun delegasi luar negeri yang hadir dalam agenda SOMCA yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, Laos, Vietnam, China, Jepang dan Korea Selatan. Rencananya, selain diskusi mengenai pemajuan kebudayaan, para delegasi juga akan berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Museum Ullen Sentalu.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR