You are currently viewing Koleksi Terbaru Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Koleksi Terbaru Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Jakarta – Wakil Presiden RI periode 1993-1998, Try Sutrisno, dan Wakil Presiden RI periode 2001–2004, Hamzah Haz menghibahkan koleksi pribadinya kepada Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti (05/04). Koleksi tersebut diserahkanvlangsung kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Fitra Arda dengan di dampingi oleh Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Dewi Murwaningrum di kediaman pribadi Try Sutrisno dan Hamzah Haz.

Dalam sambutannya, Fitra Arda menyambut baik penyerahan koleksi yang dimiliki oleh Wakil Presiden ke-6 dan ke-9 tersebut. “Kami menyambut baik, inisiatif Pak Try dan Pak Hamzah Haz untuk menyerahkan koleksi pribadi yang dimilikinya kepada Museum. Untuk itu saya meminta kepala Museum agar segera menyiapkan lokasi pamer bagi koleksi-koleksi milik Pak Try dan Pak Hamzah ini, sehingga dapat segera dilihat oleh masyarakat”, ujar Fitra Arda.

Penyerahan koleksi milik Wakil Presiden ini sesuai dengan program kerja Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti terkait dengan pengelolaan koleksi. Salah satunya adalah kegiatan pengkajian dan pengumpulan koleksi terkait dengan tokoh Wakil Presiden Republik Indonesia.

Beberapa koleksi yang dihibahkan antara lain Pakaian Sipil Lengkap (PSL) berupa jas berwarna gelap, pakaian kerja berwarna gelap, peci dan kacamata milik Try Sutrisno serta koleksi kemeja, sarung, sorban, serta gamis milik Hamzah Haz.

Tinggalkan Balasan