“Kerja Bersama Menuju Indonesia Maju”

0
228
Hardiknas

Semua tampak bahagia dan bersemangat menyambut Hardiknas, atau Hari Pendidikan Nasional 2019. Bagaimana tidak, para peserta upacara hari ini tampak cantik dan gagah dalam balutan aneka baju adat Indonesia. Mereka bersiap untuk mengikuti upacara Hari Pendidikan Nasional 2019.

Jakarta – Parade staf unit utama di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meramaikan pagi hari tanggal 2 Mei 2019. Dengan tubuh berbalut baju adat dan juga berbagai kesenian Indonesia tampil mengiringi langkah deville. Upacara Hari Pendidikan Nasional 2019 dimulai dengan deville kebudayaan dari staf unit utama. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy bertindak sebagai Inspektur upacara.

Dalam sambutannya, Muhadjir Effendy mengatakan bahwa proses belajar sejatinya adalah sebuah proses pendewasaan. “Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan,” ujar Muhadjir Effendy. Lebih lanjut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menekankan dua aspek pendidikan yang harus segera dilaksanakan. “Dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan sumber daya manusia mengedepankan pada dua aspek penguatan, yaitu penguatan pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang tampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja,” ucapnya.

Hardiknas

Muhadjir Effendy juga mengatakan bahwa memajukan Pendidikan adalah sebuah upaya Bersama. “Kita harus berkerjasama dan berkerjakeras untuk membangun Indonesia yang maju dan besar lewat Pendidikan,” tukas Muhadjir Effendy menutup sambutannya.

Tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” menjadi tema Hari Pendidikan Nasional 2019. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hadjar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang berkualitas.

Apresiasi Mendikbud

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan turut memberikan Medali Satya Lencana Karya Satya kepada para Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sudah memasuki masa bakti kerja selama 10, 20, dan 30 tahun. Pemberian medali ini sebagai bentuk apresiasi Kemendikbud kepada staf berprestasi dan berdedikasi terhadap kinerja Kemendikbud.Hardiknas

Selain itu, Kemendikbud juga menyerahkan sejumlah arsip kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam upacara Hardiknas 2 Mei 2019. Berbagai dokumen dan arsip lama diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi dan Kebudayaan kepada Direktur ANRI, Mustari Irawan. Secara simbolik, Mendikbud menyerahkan Film Dokumenter Mitologi Garuda yang diproduksi pada tahun 1995 silam. Film tersebut sebelumnya merupakan arsip dari Direktorat Sejarah, Ditjen Kebudayaan.

Hardiknas

Foto oleh Jilan Rifai (BKLM Kemendikbud)

TINGGALKAN KOMENTAR