GANDENG KOMUNITAS, DIREKTORAT SEJARAH BANGUN EKOSISTEM KESEJARAHAN

0
2125
Forum Penggiat Sejarah 2018

UU.No. 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan telah disyahkan sebagai dasar hukum dalam membangun kebudayaan Indonesia melalui pemajuan kebudayaan yang harus dilaksnakan secara kolektif dan berkesinambungan dengan melibatkan banyak pihak sebagai upaya pemajuan dan kemajuan kebudayaan di Indonesia.

Kebudayaan Nasional Indonesia adalah keseluruhan proses dan hasil interaksi antar Kebudayaan yang hidup dan berkembang di Indonesia. Perkembangan tersebut bersifat dinamis, yang ditandai oleh adanya interaksi antar kebudayaan baik di dalam negeri maupun dengan budaya lain dari luar Indonesia dalam proses dinamika perubahan dunia. Dalam konteks tersebut, bangsa Indonesia menghadapi berbagai masalah, tantangan, dan peluang dalam memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia.

Melihat urgensi diatas perlu adanya suatu upaya menghidupkan ekosistem Kebudayaan serta meningkatkan, memperkaya, dan menyebarluaskan kebudayaan, sebagaimana amanah UU No. 5 Tahun 2017. Untuk itu Direktorat Sejarah mencoba menginisiasi suatu Forum Penggiat Komunitas Sejarah dalam rangka membentuk Ekosistem Kebudayaan dalam bidang sejarah.

Forum ini akan dilaksanakan pada 29 Juni sampai 1 Juli 2018 di Jakarta. Pelaksaaan kegiatan Forum Penggiat Sejarah melibatkan penggiat sejarah baik dari peneliti dan penulis sejarah, komunitas sejarah, pengajar dan  penggiat yang bergerak  diberbagai bidang baik yang beraktifitas dalam Produksi Pengetahuan Sejarah, Diseminasi Pengetahuan Sejarah,  Juga dalam Apresiasi Kesejarahan oleh Publik (Komunitas Kesejarahan)  di Indonesia.

Dalam tahun 2018, forum penggiat ini diadakan di Jakarta dengan melibatkan para penggiat sejarah di wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat.  Diharapkan pada tahun selanjutnya pelaksanaan kegiatan ini akan terus berkembang dalam ruang yang lebih luas dengan melibatkan para penggiat kesejarahan dari seluruh wilayah Indonesia.

Ketika forum tersebut diadakan secara reguler, forum ini dapat menjadi wadah pemersatu komunitas penggiat kesejarahan dan juga menjadi pertemuan rutin para penggiat kesejarahan di Indonesia yang bergerak dalam kelompok-kelompoknya dilingkungan massing-masing melalui ekosistem yang berjalan dengan baik dan saling mendukung dalam upaya pemajuan kebudayaan bangsa.

Disamping hal tersebut, kegiatan forum penggiat sejarah tahun 2018 diharapkan dapat menghasilkan bahan pemikiran dan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah sebagai sumbangsih pemikiran untuk diteruskan menjadi program yang berkelanjutan.

 

I Agung F

TINGGALKAN KOMENTAR