Pameran Sketsa “[Re]Kreasi Garis” di Galeri Nasional Indonesia

0
238
pameran sketsa rekreasi garis
Pameran Sketsa "[Re]Kreasi Garis" di Galeri Nasional Indonesia.

Pameran Sketsa “[Re]Kreasi Garis” menjadi ajang unjuk karya sketsa bagi para sketchers se-Indonesia. Sebanyak 234 karya dari 138 sketchers Indonesia dipamerkan di Gedung B dan C Galeri Nasional Indonesia pada 4–16 September 2018. Karya dan para peserta tersebut berhasil lolos seleksi tim kurator dari 446 karya hasil olah artistik 265 sketchers yang terjaring melalui undangan terbuka.

Para peserta pameran ini merupakan sebagian tergabung dalam komunitas-komunitas seni rupa seperti KamiSketsaGalNas, Bogor SketchersIndonesia’s Sketchers Jogja, Semarang SketchWalk, Urban Sketchers Medan, Beranda Seni Online, Kolcai Chapter Gorontalo, Perupa Gorontalo, dan komunitas lainnya. Sebagian peserta lainnya merupakan para sketchers individual, diantaranya adalah Romo Muji, Yusuf Susilo Hartono, Toto BS, Tatas Sehono, Bambang Harsono, Daniel Nugraha, Dharr Chedharr, dan lain-lain. Ditampilkan juga karya-karya para maestro sketsa Indonesia seperti karya Srihadi Soedarsono, Ipe Ma’aruf, Tedja Suminar, dan karya-karya sketsa koleksi Galeri Nasional Indonesia/Koleksi Negara seperti karya S. Sudjojono, Oesman Effendi, Henk Ngantung, Tohny Joesoef, X-Ling, dan lain-lain. Sketsa dalam pameran ini dikatakan Beng Rahadian (kurator) merupakan representasi wacana perkembangan sketsa dari masa ke masa secara general.

Menurut Bambang Budjono (kurator), dalam pameran ini ditampilkan awal mula sketsa di Indonesia semenjak masa Kependudukan Jepang hingga rentetan perkembangan dan eksistensi sketsa masa kini.

Seperti apa Pameran Sketsa “[Re]Kreasi Garis”? Yuk, simak video berikut ini!

TINGGALKAN KOMENTAR