Pameran Seni Digital Nonia de la Rosa – The Search Through Love

0
919

the-search-trough-lovel

 

Karya seni penuh warna semarak gubahan Nonia de la Rosa yang terinspirasi dari kisah Ramayana tiba di Galeri Nasional Indonesia.

Pada 20 Juni 2014, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta akan membuka pameran bertajuk The Search Through Love yang menampilkan 25 lukisan digital penuh dengan rangkaian warna dan dinamisme karya Nonia de la Rosa.

Nonia de la Rosa adalah seniwati digital dan visual yang baru saja diketahui kiprahnya di kalangan seni digital dan visual di Spanyol yang berkembang begitu pesat. Dia tinggal di kota kecil bernama Leon, di bagian utara Spanyol, tetapi ketertarikan intelektual tanpa akhirnya telah membawanya ke banyak negara, dan hal ini terbukti memberikan dampak signifikan pada karya seninya.

Selama perjalanannya ke India pada 2012, Nonia de la Rosa bertemu dengan kisah epik Ramayana dan penyelamannya ke dalam cerita-cerita itu kemudian menjadi inspirasi yang fundamental untuk karya seninya. Indonesia menjadi tahapan kedua dalam mencari versi kisah Ramayana yang kuno, mengarahkannya kepada penemuan tradisi budaya yang begitu kaya. The Search Through Love muncul dengan ketulusan yang searah dengan pencarian ke dalam dirinya yang berakhir di cinta, energi yang begitu universal, abadi, kuat dan mempersatukan, yang dimiliki semua orang.

Lukisan-lukisan Nonia dapat digambarkan sebagai keseimbangan unik antara abstraksi dan surealisme yang terkadang mengingatkan kita akan bayang-bayang dalam kisah perwayangan, reprensetasi populer dari kisah Ramayana.

Lukisan, desain. Alam, femininitas, sensualitas. Emosi dari kekacauan menuju kedamaian. Semuanya disatukan dan dikerjakan menggunakan media komputer yang ditenagai oleh jiwa Nonia.

Selain kreasi lukisan digitalnya, Nonia juga menggarap karya video yang menjadikan dia sebagai seniman multifaset yang mampu menggunakan tangan dan menggunakan bakat kreatifnya untuk mengekspresikan gairah dan daya imajinasi tak terbatas yang dia miliki. Tambahan lagi, pada pembukaan akan ada pertunjukan, sebuah karya seni video interaktif yang akan direkam untuk dilibatkan ke dalam pameran selanjutnya di lokasi-lokasi baru.

Kurator Pameran:

  • Loreto Fdez de Garaizẚbal (Spain)
  • Heru Hikayat (Indonesia)

Pada pembukaan pameran akan ditampilkan karya video dan pertunjukan, hasil kolaborasi Nonia de la Rosa dengan:

  • Ayudia Agniasari
  • Handy “Jack” Ridzal
  • Permata Andhika Rahardja

RIWAYAT PAMERAN NONIA DE LA ROSA

Bersama

  • Barcelona. 2012. BCM Art Gallery.  Paseo del Arte Contemporáneo
  • Madrid. 2012. Miradas de Mujer Festival of Art.  “Yelow Night”.
  • Lithuania 2013.  Anima Mundi International Festival of Art

Tunggal

  • Madrid 2013. Madrización. “ Blue Talks and The secrets of the colours”

“The Search Through Love”

Pameran Tunggal Nonia de la Rosa
Gedung B Galeri Nasional Indonesia
Jl. Medan Merdeka Timur No. 14
Jakarta 10110 – Indonesia
Telephone: (021) 34833954 ; 3813021. Facsimile: (021) 3813021
E-mail: galnas@indosat.net.id
www.galeri-nasional.or.id
20 Juni – 14 Juli 2014
Jam buka: 10.00 – 18.00
Pembukaan: 20 Juni 2014 pukul 19.30