Pameran “PADA CERMIN I ON MIRЯOR” di Galeri Nasional Indonesia Mengangkat Konsep Keluarga Seniman

0
822

Notice: Trying to get property 'roles' of non-object in /home/website/web/kebudayaan.kemdikbud.go.id/public_html/wp-content/plugins/wp-user-frontend/wpuf-functions.php on line 4663

Web - Berita Pembukaan

Pameran Retrospektif Rd. Tohny Joesoef dan ‘The Artist Family’ bertajuk “PADA CERMIN I ON MIRЯOR” telah resmi dibuka oleh Dr.Melanie W. Setiawan (Art Lover) pada Kamis malam, 30 April 2015 di Ruang Serba Guna Galeri Nasional Indonesia. Pameran ini merupakan hasil kerja sama Galeri Nasional Indonesia dengan Sanggar Ligar ’64 Bandung.

Pameran yang di kuratori oleh Rizki A. Zaelani dan Eddy Hermanto ini menarik karena mengangkat konsep keluarga seniman (the artist family). Konsep tersebut menyuguhkan ‘persamaan’ dan ‘perbedaan’, serta ‘terkait’ dan ‘terikat’ sebagai sebuah keluarga sekaligus seniman yang memiliki ciri khas tersendiri yang diterjemahkan dalam penyajian sekitar 99 karya berupa lukisan, gambar (drawing), seni instalasi, dan video art.

Dituturkan Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus Andre Sukmana, model pameran seperti ini diharapkan bisa menjadi motivasi dan edukasi tentang pewarisan berkesenian dalam dunia seni rupa sehingga seni rupa Indonesia akan terus hidup dan berkembang. “Juga diharapkan pameran ini bisa meningkatkan apresiasi masyarakat dalam mengenali hasil kreativitas para perupa (seniman) dari keluarga Rd. Tohny Joesoef, sekaligus dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap khasanah karya budaya bangsa,” papar Tubagus.

Selain pameran, perhelatan yang masih akan berlangsung hingga Selasa, 12 Mei 2015 ini juga menyuguhkan serangkaian acara berupa Workshop Melukis on the Spot  pada 2–3 Mei 2015, pukul 10.00 WIB, dan Diskusi Rd. Tohny Joesoef “The Artist Family” pada 12 Mei 2015, pukul 15.00 WIB.

*cvn/dsy/GNI