ORDE BARU OK. Video 2015 di Galeri Nasional Usung Serentetan Acara

0
788
Proses Pengerjaan Piramid Mini
Proses Pengerjaan Piramid Mini

ORDE BARU OK. Video 2015 di Galeri Nasional Indonesia menyajikan serentetan acara sebagai pendukung pameran, yang bahkan sudah dimulai sebelum festival ini dibuka pada Minggu malam, 14 Juni 2015. Rangkaian acara tersebut dimulai dengan Workshop Swakriya Citra Maya pada Sabtu, 13 Juni 2015.

Swakriya Citra Maya mengajak para peserta bereksperimen membuat piramid mini dari bahan akrilik transparan. Masing-masing sisi piramid dengan ukuran panjang delapan sentimeter dan tinggi lima sentimeter, disatukan menggunakan lem. “Pastikan sudut kemiringan bagian dalam setiap sisinya 53,2 derajat,” ujar salah satu pemandu workshop ini.

Piramid dari bahan akrilik kemudian direkatkan pada bidang segi empat yang juga berbahan akrilik transparan. Saat di bagian bawah bidang segi empat akrilik transparan diberi cahaya dari kaca ponsel, maka gambar di dalam layar ponsel akan dibiaskan sehingga gambar tersebut seakan berada di dalam piramid.

Selain Workshop Swakriya Citra Maya, ORDE BARU OK. Video 2015 juga menyajikan Simposium bertajuk Cara Orde Baru Menciptakan Manusia Indonesianya, pada 15 Juni 2015 di ruang Seminar Galeri Nasional Indonesia. Terdiri dari empat panel yang disuguhkan dengan sub tema berbeda, diantaranya Budaya (Musik) Pop yang Menjauh dari Media Arus Utama (panel I), Humor yang Menyindir di Moncong Senapan (panel II), Praktek Judi di Masa Orde Baru (panel III), serta Televisi Orde Baru dan Keluarga Indonesianya (panel IV).

Simposium tersebut menghadirkan para narasumber dengan berbagai background dan profesi. Seperti Indra Ameng (Ruang Rupa), Yuka Narendra (mahasiswa Doktoral FIB UI), Tri Agus Susanto Siswowiharjo (penulis buku Mati Ketawa Cara daripada Orde Baru), Yusi Avianto Pareoanom (wartawan senior, sastrawan), Dave Lumenta (Antropolog), Anom Astika (Editor Prisma), Ignatius Haryanto (peneliti senior LSPP), Inaya Rakhmani (pengajar komunikasi FISIP UI), dan Holy Rafika. Simposium ini dapat menarik peserta dalam hitungan yang cukup banyak, bahkan sebagian peserta rela berdiri untuk mengikuti jalannya Simposium.

Workshop Swakriya Citra Maya dan Simposium hanyalah dua dari banyak rangkaian acara dalam pameran ORDE BARU OK. Video 2015. Rangkaian acara lain yang akan digelar berupa multimedia performance, diksusi, dan open lab.

ORDE BARU OK. Video 2015 masih akan berlangsung hingga 28 Juni 2015 di Gedung A, B, dan C Galeri Nasional Indonesia. Sebanyak 73 seniman dari 21 negara (Jepang, Prancis, Inggris, Belanda, Belgia, Kolombia, Pakistan, Taiwan, Cekoslowakia, Korea Selatan, Afrika Selatan, Venezuela, dan negara lainnya) ikut meramaikan festival ini melalui sajian 73 karya seni rupa.

 

*mrk/dsy/GNI