Nilai-nilai Ideal Kecantikan Bagi Dullah

0
1680
Dullah - Istriku
Dullah (1919 - 1996), “Istriku”, 1953, cat minyak pada kanvas, 102 x 83 cm

Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional menyajikan karya-karya seni rupa modern dan kontemporer mulai tahun 1800-an hingga sekarang. Karya-karya pameran ini ditata berdasarkan periodisasi perjalanan seni rupa Indonesia. Sejumlah karya penting yang ditampilkan juga merupakan koleksi negara.

Untuk mengapresiasi karya-karya Pameran Tetap, tak perlu lagi datang ke ruang pameran, karena kini detail setiap karya disajikan melalui media daring sehingga dapat dinikmati dari rumah. Salah satunya adalah karya Dullah (1919 – 1996) berjudul “Istriku”. Karya ini dibuat pada tahun 1953 dengan menggunakan media cat minyak pada kanvas berukuran 102 x 83 senitmeter.

Lukisan “Istriku” merupakan salah satu karya Dullah yang menunjukkan kecenderungan pada keindahan sosok-sosok wanita. Dullah sebenarnya memiliki perhatian yang kuat terhadap wacana perjuangan bangsa. Selain itu, ia juga kerap menampilkan semangat humanisme kerakyatan dan nilai-nilai lokal. Namun di samping itu, Dullah juga merupakan pelukis romantis yang begitu setia mengabadikan nilai-nilai ideal lewat kecantikan atau juga keindahan alam. Seperti itulah yang dimunculkan dalam lukisan “Istriku” ini.