Mengintip ‘Pintu Belakang’ Rumah Hanafi

0
1223
Pameran Tunggal Hanafi “Pintu Belakang I Derau Jawa” akan segera digelar di Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan Studio Hanafi akan menggelar Pameran Tunggal Hanafi “Pintu Belakang | Derau Jawa” pada 1­–15 Maret 2016 di Gedung A Galeri Nasional Indonesia. Pameran yang dikuratori Agung Hujatnikajennong ini menyajikan imajinasi lain tentang Jawa lewat ‘pintu belakang’.

Pintu belakang dalam kehidupan masyarakat Jawa, berhubungan dengan budaya yang terkait dengan istilah “jalan belakang” untuk berbagai hubungan informal tanpa publik. “Seseorang yang masuk rumah lewat pintu belakang bisa diindikasikan dia adalah ‘orang dalam’ atau ‘orang dekat’. Kalau kita tidak punya pintu belakang, kita tidak punya pulang. Rumah menjadi tempat untuk pergi,” ungkap Hanafi. Pintu belakang milik Hanafi tersebut diterjemahkan ke dalam karya instalasi dan lukisan.

Hanafi merupakan perupa yang aktif berkarya. Sejak deawal 1990 hingga 2015, Hanafi telah menggelar 38 pameran tunggal dan 80 pameran bersama. Ia telah meraih sejumlah penghargaan, beberapa diantaranya adalah 10 terbaik Philip Morris Art Award, Anugerah Kebudayaan Universitas Indonesia, dan Indofood Art Award (2002 dan 2003). Selain mendalami dunia seni rupa, Hanafi juga berkecimpung di dunia seni pertunjukan.

*dsy/GNI