Mengimajinasikan Masa Depan

0
892

Pameran Seni Grafis Kelompok Refreshink! Printmaking bertajuk “Yes, The Future Has Been Sold” resmi dibuka pada Jum’at, 28 Juli 2017, di Gedung D Galeri Nasional Indonesia. Pameran yang diresmikan oleh Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus Sukmana menampilkan 11 karya seni grafis hasil olah artistik 7 seniman yang tergabung dalam kelompok Refreshink! Printmaking. Berbeda dari perhelatan seni rupa yang sebelumnya terselenggara di Galeri Nasional Indonesia dimana kebanyakan memuat bermacam-macam jenis karya, pameran ini menjadi menarik karena secara khusus menyuguhkan karya-karya seni grafis. Seluruh karya-karya yang tersaji dibingkai oleh Refreshink Printmaking! dalam tema future atau masa depan.

Tema masa depan pada pameran yang dikuratori Asep Topan, Ibrahim Soetomo, Bagus Purwoadi, dan Syaiful Ardianto ini bukan diartikan hanya sebagai waktu yang akan datang saja melainkan sebuah gagasan atau konstruksi kebudayaan yang diimajinasikan oleh manusia. Sehingga pada akhirnya pengunjung diajak ikut mengimajinasikan masa mendatang mereka masing-masing. Pada kesempatan yang sama Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus Sukmana mengucapkan selamat kepada para seniman yang telah menghasilkan karya-karya grafis dengan tema yang unik tersebut.

Pameran ini dapat dinikmati mulai dari 29 Juli hingga 18 Agustus 2017, pukul 10.00 – 18.00 WIB, di Gedung D Galeri Nasional Indonesia. Selain pameran, terdapat program publik berupa lokakarya bersama Daniella F. Praptono yang berlangsung pada Sabtu 12 Agustus 2017, pukul 14.00 – 16.00 WIB, di Gedung D galeri Nasional Indonesia. Seluruh kegiatan ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya.

*Fii/GNI
*Dst/Mg/GNI