Kado untuk Sang Menteri

0
1898
Mendikbud Anies Baswedan Saat Menerima Kado Lukisan Berjudul Sparkling Indonesia karya Tato Kastareja.
Mendikbud Anies Baswedan Saat Menerima Kado Lukisan Berjudul Sparkling Indonesia karya Tato Kastareja.

Ada yang menarik dalam acara pembukaan Pameran Seni Rupa Nusantara 2015: ART–CHIPELAGO yang diselenggarakan Galeri Nasional Indonesia pada Senin malam, 25 Mei 2015. Salah satu perupa peserta pameran ini memberikan kado spesial untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan saat meresmikan event biennale (dua tahunan) tersebut.

Perupa itu adalah Tato Kastareja. Seniman Banten ini memberikan lukisan berjudul Indonesia Sparkling kepada sang Menteri. Lukisan ini tidak termasuk dalam daftar 106 karya yang dipamerkan dalam Pameran Seni Rupa Nusantara 2015: ART–CHIPELAGO di Galeri Nasional Indonesia. Tato membuat secara khusus lukisan cat minyak di kanvas berukuran 150 x 100 cm itu.

Visual lukisan Indonesia Sparkling menampilkan wajah Anies, dilengkapi dengan figur dua anak Sekolah Dasar dan sepasang penari, serta wayang. Hal itu merujuk pada identitas Anies yang saat ini menjabat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. “Lukisan ini membuat saya lebih ganteng dari aslinya,” puji Anies pada lukisan karya Tato.

Lukisan Indonesia Sparkling hingga kini masih dipampang di pintu masuk Gedung A Galeri Nasional Indonesia, berseberangan dengan prasasti pembukaan Pameran Seni Rupa Nusantara 2015: ART–CHIPELAGO yang ditandatangani Anies Baswedan. Lukisan tersebut masih bisa dijumpai hingga pameran ini berakhir pada Minggu, 7 Juni 2015. Pameran bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB, kecuali hari libur nasional.

 

*dsy/GNI