International Art Festival ANIMA MUNDI, Lithuania 2013

0
1219

SAM_4646

Perhelatan International Art Festival ANIMA MUNDI 2013 di selenggarakan pada tanggal 16-25 Juni 2013, bertempat di gedung Pakruojis Manor Palace, Pakruojis, Lithuania.

Festival ini dihadiri oleh seniman-seniman dari negara di Eropa antara lain dari Spanyol, Denmark, Perancis dan Georgia. Sedangkan wakil dari Asia adalah dari Iran dan Indonesia. Pada perhelatan ini juga diundang seniman dari beberapa Negara di wilayah Afrika akan tetapi mereka batal hadir karena masalah intern. Seniman dari Indonesia yang diundang pada International Art Festival ANIMA MUNDI 2013 adalah Debronzes, Rudy Murdock, dan Pidi Baiq, serta diundang secara khusus peserta sekaligus delegasi dari Galeri Nasional Indonesia yaitu Zamrud Setya Negara dan Tunggul Setiawan. Festival ini merupakan salah satu bentuk Program kegiatan Galeri Nasional Indonesia dalam rangka dukungan terhadap kegiatan seni rupa bertaraf internasional yang melibatkan perupa-perupa Indonesia yang diundang dalam event tersebut.

Festival ini diresmikan dan dihadiri oleh Mrs. Asta Jasiuniene (Walikota Pakruojis), Kepala Deputi Departemen Kebudayaan Pakruojis Mrs. Birute Vanagiene dengan sebelumnya diadakan konferensi dan ramah tamah dengan pejabat setempat. Ceremonial opening dilaksanakan pukul 18.00 waktu setempat yang dihadiri pula oleh jajaran pejabat Pakruojis dan sekitar 150 orang undangan dengan disajikan pula performance konser koor DAGILELIS dengan konduktor Remigijus Adomaitis. Pada perhelatan ini Indonesia meraih penghargaan sebagai pemenang ke-2 melalui karya-karya Debronzes.

SAM_4585
IMG_4632

Rangkaian dan aktivitas dalam perhelatan ini adalah kegiatan-kegiatan yang memberikan motivasi dan melibatkan masyarakat Pakruojis dan sekitarnya. Seperti pendampingan pada workshop melukis, sketsa bersama, performance art, serta kegiatan lain yang memunculkan motivasi dan gairah untuk berkreativitas bagi masyarakat di sana. Aktivitas tersebut dilakukan selama festival berlangsung. Peserta dari Indonesia menjadi peserta yang special pada acara ini. Peserta Indonesia mendapatkan penghargaan dari warga sebagai tamu kehormatan. Hal tersebut dinyatakan dalam sambutan dari perwakilan warga setempat di acara presentasi peserta undangan dan partisipan acara tersebut.