1 Hari Jelang Penyatuan Nusantara di Galeri Nasional

0
1650
Tim Galeri Nasional Indonesia Sedang Melakukan Display Karya di Ruang Pamer
Tim Galeri Nasional Indonesia Sedang Melakukan Display Karya di Ruang Pamer

1 hari lagi menjelang pembukaan Pameran Seni Rupa Nusantara 2015: ART–CHIPELAGO pada Senin, 25 Mei 2015, Galeri Nasional Indonesia sebagai penyelenggara menyatakan kesiapannya. “Persiapan yang telah kami lakukan sudah sekitar 90 persen,” ujar Kepala Seksi Pameran dan Kemitraan Zamrud Setya Negara di sela-sela proses display karya.

Seluruh karya sudah berada di posisi masing-masing sesuai layout yang ditentukan oleh tim Kurator yaitu Asikin Hasan, Suwarno Wisetrotomo, dan A. Sudjud Dartanto. Sebagian besar karya sudah dipajang di dinding ruang pamer, baik di Gedung A, B, dan C Galeri Nasional Indonesia.

ART–CHIPELAGO akan mempersatukan kembali Nusantara melalui penyajian 106 karya dari 106 Perupa di 3 (tiga) negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Lanskap visual Nusantara dibentangkan lewat plotting karya seni 2 (dua) dan 3 (tiga) dimensional (lukisan, drawing, Instalasi, object, seni grafis, keramik, komik, video art, multimedia, dan karya seni rupa lainnya).

Event akbar dua tahunan (biennale) ini diagendakan akan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Anies Baswedan pada Senin, 25 Mei 2015, pukul 19.30 di Gedung A Galeri Nasional Indonesia. Sedangkan pameran berlangsung hingga Minggu, 7 Juni 2015, pukul 10.00 – 19.00 WIB di Gedung A, B, dan C Galeri Nasional Indonesia. Pameran ini terbuka untuk umum dan bebas biaya.

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2015, ART–CHIPELAGO diharapkan dapat menjadi penanda dan penggerak kebangkitan kembali masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi membangun Negara ini agar menjadi lebih baik di masa depan.

Baca Juga: Press Release dan Daftar Perupa Pameran Seni Rupa Nusantara 2015: ART–CHIPELAGO

 

*dsy/GNI