Pendukungan Pembentukan Forum Pendidik Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Wilayah Sumatera Utara

0
412

Sebagai tindak lanjut kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang ditutup pada tanggal 25 Juni 2023, diselenggarakan kegiatan pembentukan Forum Pendidik Kepercayaan Wilayah Sumatera Utara pada tanggal 26 Juni 2023 di Horison Pematang Siantar. Kegiatan ini merupakan bentuk pendukungan Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat (Direktorat KMA), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemdikbudristek kepada DMW MLKI Provinsi Sumatera Utara yang akan mengawal para penyuluh pendidik kepercayaan setempat memberikan layanan Pendidikan kepercayaan yang optimal kepada peserta didik penghayat.

Pembentukan forum pendidik kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa ini menjawab kebutuhan para penyuluh kepercayaan yang datang dari berbagai latar belakang pendidikan, untuk dapat terkoordinir dengan baik dalam satu forum pendidik kepercayaan di tingkat provinsi. Melalui forum ini diharapkan para pendidik kepercayaan atau yang sementara ini dikenal sebagai penyuluh kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dapat saling bertukar informasi, pengalaman mengajar, dan saling berdiskusi menemukan solusi permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan kepercayaan. Forum ini juga dapat dijadikan wadah meningkatkan kemampuan pendidik kepercayaan mengembangkan perangkat pembelajaran sekaligus menjadikan mereka bekerja lebih professional.

Para penyuluh kepercayaan yang menjadi peserta pembentukan forum ini mewakili wilayah Sumatera Utara untuk Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba, Kota Medan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Batu Bara, dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Sebelum pembentukan forum, peserta mendapatkan arahan terlebih dahulu dari Presidium MLKI Pusat, DMW MLKI Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun, terkait pentingnya wadah koordinasi antar pendidik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Kepengurusan forum yang telah terbentuk dilanjutkan dengan penyusunan tugas dan fungsi serta diskusi kelompok terkait penyusunan program kerja tahunan. Ruhut Gultom terpilih sebagai Ketua Forum Pendidik Kepercayaan dan dilanjutkan penunjukan bendahara, sekretaris, dan koordinator 8 kabupaten/kota sebagai hasil kesepakatan.

Kapokja Kepercayaan Direktorat KMA, Ibu Suharti, S.Sos. menekankan bahwa forum pendidik kepercayaan agar dapat digunakan oleh penyuluh kepercayaan sebagai sarana diskusi, menyamakan frekuensi maupun persepsi dalam pemberian layanan sekaligus menghadapi permasalahan dalam Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Pembentukan forum pendidik kepercayaan wilayah Sumatera Utara menjadi forum pionir dan pendorong wilayah penghayat lainnya membentuk forum yang sama.

Presidium MLKI Pusat, Bapak Andri Hernandi juga mengharapkan agar melalui Forum Pendidik Kepercayaan wilayah Sumatera Utara dapat terus membangun komunikasi yang baik dengan pihak satuan Pendidikan dan dinas Pendidikan setempat guna pemenuhan layanan Pendidikan kepercayaan yang merata.