Festival Kebudayan Indonesia:1000 Tahun Hubungan Budaya Indonesia – Iran

0
456

iran

iran 2Festival Kebudayaan Indonesia yang diselenggarakan Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerja sama dengan KBRI Iran di buka oleh H.E. Dian Wirengjurit, Dubes Republik Indonesia untuk Republik Islam Iran yang berlangsung tanggal 19 – 25 September 2013. Dan dihadiri pula oleh wakil ketua ICRO Dr. Karim Najafi Barzegar.

Pertunjukkan angklung dan tarian Japin mengawali pembukaan festival ini. Museum Nasional ,Indonesia, Museum Tekstil, dan Galeri Nasional serta Propinsi Kalimantan Barat  membawa beberapa koleksi untuk dipajang dalam pameran yang diselenggarakan di lantai 2 Gedung Milad Tower, gedung ke-4 tertinggi di Dunia yang menjadi icon modern Negara Iran.

iran 3

Dalam Festival ini selain dipamerkan artefak yang memiliki hubungan sejarah dan sosial budaya Nusantara dan Persia yang nampak dari tulisan, bahasa, kesenian, arsitektur maupun filosofi-filosofi yang terkandung dalam karya sastra juga menampilkan Festival Film yang diselenggarakan di Andishes Cultural Center di Pusat kota Tehran yang dibuka oleh Duta Besar Indonesia untuk Republik Islam Iran.iran 4Beberapa Film Indonesia diputar selama 7 hari ini setiap harinya antara lain Laskar Pelangi, Emak Ingin Naik Haji, Rindu Kami Padamu, Cut Nyak Dien dan The Mirror Never Lies.

Selain Festival, di Milad Tower juga diadakan Bazaar produk Indonesia terutama tekstil dan kerajinan tangan dari beberapa pengusaha Indonesia dan Propinsi Daerah, juga workshop batik, dan Fashion show di Wisma Duta. iran 5

Dalam rangkaian Festival Kebudayaan Indonesia pada tanggal 21 September 2013, Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia selaku ketua Delegasi Indonesia bertemu dengan Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran H.E. Mr. Ali Jannati untuk membicarakan tindak lanjut hubungan kerjasama kebudayaan Indonesia-Iran. Dalam kunjungan tersebut disepakati beberapa point antara lain bahwa kedua negara akan mengadakan penelitian bersama terkait dengan kebudayaan dan pengembangan cinema. Dalam kunjungan ini juga Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran mengajak Delegasi mengunjungi Museum tertua di Iran yang terletak di dalam kompleks kementerian yang berisi beberapa koleksi lukisan yang indah dan kaya akan detail.

Keesokan harinya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia beserta rombongan diterima oleh Menteri Sains Riset dan Teknologi Iran dilanjutkan dengan kuliah umum di Univeristas Tehran yang dihadiri ole sekitar 200 mahasiswa baik Indonesia maupun Iran.

iran 6

 Malamnya bertempat di Main Hall Milad Tower dilaksanakan Opening ceremony Festival Kebudayaan Indonesia oleh Menteri M. Nuh  yang dihadiri oleh Ketua ICRO dan para pejabat Iran lainnya. Hari terakhir kunjungan Mnetri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melakukan cortessy call dengan Menteri Pendidikan Iran, yang ditutup dengan tatap muka Mendikbud dengan masyarakat Indonesia yang berada di Iran.

Artikel SebelumnyaPenutupan Seminar Internasional Natural & Cultural Heritage “First Step to the World Heritage”, Balikpapan
Artikel BerikutnyaPEKAN NASIONAL CINTA SEJARAH (PENTAS) PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT