William Wongso, Cita Rasa Makanan Indonesia

0
1058

William Wongso merupakan tokoh kuliner ternama Indonesia yang mahsyur akan keahlian kuliner dan acara TV Petualangan Memasak William Wongso. Petualangan Wongso menelusuri kekayaan tradisi boga Indonesia dimulai pada tahun 1972 saat ia membuka sebuah toko kue di pinggiran Jakarta dan berlanjut sampai sekarang dengan peran nasionalnya sebagai chef dan restaurateur.

Karir boga telah membawa Wongso memasuki sekolah boga internasional Ecole des Arts Culinaires et de l`Hotellerie di Lyon, Perancis. Saat ini Wongso bertugas sebagai penasehat bidang boga untuk maskapai Garuda Indonesia dan memimpin Program diplomasi makanan yang diusung oleh kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif (2011-2014), kementerian Luar Negeri dan kementerian perdagangan. Program ini mempunyai misi mengenalkan 30 masakan Indonesia ke ranah internasional.

Sebagai seorang keturunan China, Wongso dahulunya pernah bertugas sebagai juru foto pribadi presiden Soekarno. Dilahirkan di Surabaya, Wongso menikmati dua dunia saat kecilnya yakni dunia Tionghoa dan dunia Jawa Timur tempat ia lahir dan dibesarkan. Sampai sekarang Wongso masih merupakan petualang boga yang sangat menikmati blusukan kampung-kampung Indonesia sesuka ia juga menikmati berpetualang ke luar tanah air.