Tari Perang Dayak Bahau Saq, Perubahan Fungsi dan Bentuk Tari Perang

0
11195

Penelitian ini mengungkapkan Perubahan Fungsi Dan Bentuk Tari Perang Suku Dayak Bahau di Desa Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun Kabupaten Kutai Barat. Penulisan ini berawal dari perhatian penulis terhadap budaya Kalimantan khususnya di Desa Ujoh Bilang, terutama masyarakat suku Dayak Bahau yang masih melaksanakan budaya dan adat-istiadatnya ditengah kemajuan zaman dan teknologi yang berkembang pesat. Penelitian ini disusun melalui pendekatan deskriptif analisis, dan ditunjang dengan teori atau konsep tentang perubahan fungsi. Adapun tahap-tahap yang dipergunakan dalam memperoleh data, yaitu studi pusaka, observasi, wawancara, dan analisis data.

Tari Perang merupakan bentuk tari kelomok, pasangan, dan bahkan tunggal, yang ditarikan oleh penari putra. Tari Perang semula berfungsi sebagai bagian dalam upacara ritual Adat Kayo yaitu sebagai sarana ritual proses inisiasi seorang laki-laki suku Dayak Bahau, namun seiring dengan perkembangan zaman fungsinya berubah menjadi pertunjukan hiburan. Perubahan tersebut disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal terkait dengan masyarakat pendukungnya, sedangkan faktor eksternal terkait pariwisata, perkembangan media teknologi terutama televisi, dan tingkat intelektual.

Tari Perang sebagai sarana ritual ditarikan dalam upacara Adat Kayo yaitu pada prosesi Lemako Kadaan Adat yaitu melangkahi pakaian adat sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang maha Esa atas semua keberhasilan, dan kemenangan yang dicapai seorang laki-laki dalam hidup, sedangkan fungsi Tari Perang sebagai sarana hiburan yaitu penyambutan tamu, sajian pariwisata, dan festival.

Tari Perang, Tari Perang/Tari Kancet Papatay adalah tari perang tradisional yang berasal dari masyarakat suku Dayak di Provinsi Kalimantan Timur. Tarian ini menggambarkan keberanian para lelaki dari suku Dayak dalam berperang. Tari Perang didominasikan oleh gerakan yang gesit, lincah dan akrobatik dengan diiringi lagu Sak Paku yang hanya menggunakan alat musik Sape.

Keterangan

Tahun :2019

Nomor Registrasi :201901028

Nama Karya Budaya :Tari Perang Dayak Bahau Saq

Provinsi :Kalimantan Timur

Domain :Seni Pertunjukan

Sumber: Website Warisan Budaya Takbenda

TINGGALKAN KOMENTAR