Talkshow Jelang Pembukaan “Europalia Arts Festival Indonesia” (3)

0
842

Jakarta – Tema talkshow segmen ketiga dari rangkaian acara jelang pembukaan “Europalia Art Festival Indonesia” yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di GIK Grand Indonesia adalah tentang Musik. Talkshow ini membahas tentang musik-musik yang akan ditampilkan dalam rangkaian acara Europalia.

Segment ketiga ini dibahas oleh Pak Abduh Aziz, Direktur Utama Pusat Perfilman Nasional sebagai perwakilan dari Kemdikbud, Tesla (Musisi), David Tarigan (Musisi) dan Ubiet Raseuki (Musisi). Peserta talkshow terdiri dari masyarakat umum dan musisi-musisi yang akan tampil di Europalia.

Tesla, David Tarigan, Mba Obiet dan Pak Aduh mengisi Talkshow segment ketiga

Bahasan segment ketiga dipandu oleh Mba Ubiet, yang mewawancarai David Tarigan salah seorang musisi dan inisator sentra data musik Indonesia. Sentra data musik ini ditampilkan melalui website bernama iramanusantara.org. Dalam website tersebut terdapat banyak lagu tahun 1950-an yang anak-anak muda jaman sekarang belum pernah dengarkan, dan ketika pertama kali mendengarkan mereka menyukainya dan seolah-olah lagu tersebut adalah lagu yang baru di release belakangan ini, David Tarigan menjelaskan. Terdapat juga lagu di era 1980-an dan semua lagu bisa langsung dengarkan. Tujuan David membuat sentra data lagu-lagu adalah menemukan dan melestarikan lagu terutama lagu Indonesia.

Narasumber lain yang juga akan turut menampilkan karyanya di rangkaian acara Europalia adalah Tesla, musisi dengan aliran musik elektronik. Tesla menjelaskan bahwa karya-karyanya dibuat dari situasi negatif yang pernah dialaminya. Jika tidak ada hal negatif sulit rasanya membuat karya ungkap Tesla. Contoh situasi negatif yang terjadi pada Tesla yaitu ketika putus cinta, dan kegalauan yang dia rasakan ketika putus cinta itulah yang kemudian diungkapkan kedalam musik.

Talkshow ditutup dengan penampilan dari “David Tarigan”, yang memadukan lagu-lagu tahun 1950-an hingga lagu di tahun 1980-an. Festival Seni Europalia Indonesia akan berlangsung dari tanggal 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018, melibatkan sebanyak 486 pekerja seni dalam 226 program acara di beberapa kota di Belgia dan enam negara Eropa lainya yaitu Jerman, Belanda, Austria, Polandia, Inggris dan Perancis.

Penampilan David Tarigan memainkan musik tahun 1950an melalui piringan hitam