Seniman Indonesia Pamer Karya di Italia

0
767

Dr. Vincenzo Montella, Direktur Artistik dari Pusat Seni dan Budaya “Il ramo d’oro” dari Naples, Italia mengundang seniman Made Muliana Bayak, terkenal sebagai kualitas karyanya dan kesosialannya untuk memamerkan “Hal Menarik Indonesia” bersama seniman Gede Suanda dan Setyo Mardiyantoro. Bertempat di rumah seni IL Ramo D’Oro, Jalan Omodeo, Napoli Italy pada tanggal 6 Februari 2016 dan pada tanggal 10 Februari 2016 diundang untuk mempresentasikan karya-karya di salah satu unversitas L’Orientale di Napoli.

Suasan awal pembukaan pameran

Pameran ini adalah ajang perkenalan seni rupa Indonesia di arena yang lebih luas, sehingga seni dan kesenian Indonesia lebih dikenal dan mendapatkan apresiasi yang lebih banyak dikemudian hari, juga membuka kesempatan baru bagi seniman Indonesia lainnya. Kementerian pendidikan dan kebudayaan Indonesia telah mendukung kegiatan pameran dan pertukaran kebudayaan ini. Pembukaan pameran berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal, dihadiri oleh pencinta seni di Napoli dan dibuka secara resmi oleh bapak Giuseppe Testa sebagai Consul general of Indonesia di Napoli, dihadiri juga oleh Prof. Antonia Soriente dari universitas L’Orientele, selain itu kurator pameran Naima morelli datang langsung dari Roma dan menyampaikan pengantar kuratorial dalam pameran ini dan tentunya juga sedikit sambutan dari direktur pusat budaya Vincenzo Montella.

Sesi presentasi dan diskusi pameran

Pengunjung yang hadir adalah pencinta seni di Napoli dan sebagian lagi adalah kalangan mahasiswa yang tertarik melihat karya-karya seni seniman Indonesia. Dialogpun terjadi, dan banyak pertanyaan muncul dari pengunjung saat sesi diskusi, mereka penasaran dengan praktek seni dan kebudayaan Indonesia yang begitu beragam. Dari kegiatan pameran ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kesenian dan kebudayaan Indonesia sangat diperhatikan oleh orang-orang di Napoli Italy, mereka mempunyai ketertarikan terhadap beragamnya bentuk seni dan kreativitas dari pelaku-pelaku seninya. Di universitas L’Orientale di Napoli juga mempunyai bidang studi khusus tentang Indonesia dan telah sering dilakukan pertukaran mahasiswa, ternyata banyak mahasiswanya ingin khusus belajar tentang Indonesia di Napoli.

I Made Muliana “Bayak” bersama Prof. Antonia Soriente dan Giuseppe Testa