Seni dan Syiar Islam dalam Ifthar Budaya

0
1243
Tari Zapin Betawi

Jakarta – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Ifthar Budaya dengan tajuk Seni dan Syiar Islam. Selain pengetahuan tentang sejarah perkembangan Islam di Tanah Air, yaitu juga ada kesenian dan olah raga yang berkembang dan yang berasal dari Indonesia juga ditampilkan dalam acara tersebut.

Acara dibuka dengan tarian Zapin Betawi guna menyambut para tamu-tamu yang hadir dalam acara Ifthar Budaya yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Tari Zapin Betawi

 

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya beserta Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal secara simbolik mewarnai bantal yang bermotif wayang.

Adapun seni mewarnai bantal bermotif wayang, ada juga wisata perkembangan sejarah islam, mulai dari tokoh, replika batu nisan pejuang yang berjuang menyebarkan agama islam, wayang kulit, serta benda-benda yang dipakai pada zaman itu, salah satunya Al-Qur’an.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya sedang melakukan wisata perkembangan Islam di Indonesia.
Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya sedang melakukan wisata perkembangan Islam di Indonesia, melihat Al-Qur’an yang sudah ada pada zaman itu.

Serangkaian acara telah dilewati, tetapi tidak lupa, permainan rakyat juga ditampilkan pada acara ini, salah duanya; engklek dan panggal atau gasing.

 

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya sedang bermain permainan rakyat, engklek