PREPARATORY MEETING UNTUK WORKSHOP ON ASEAN TEXTILE 2016

0
1205
Delegasi dari Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia, Direktur Malaysian Handicraft Development Corporation  cabang Sarawak, Azran bin Arip (foto kiri) dan Direktur Malaysian Handicraft Development Corporation  cabang Kelantan, Juhari bin Azmi (foto kanan).
Delegasi dari Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia, Direktur Malaysian Handicraft Development Corporation cabang Sarawak, Azran bin Arip (foto kiri) dan Direktur Malaysian Handicraft Development Corporation cabang Kelantan, Juhari bin Azmi (foto kanan).

Jakarta, 16 Maret 2016 – Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia akan menyelenggarakan Workshop on ASEAN Textile 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat kekayaan budaya berupa tekstil yang sangat beragam di kawasan Asia Tenggara. Melalui kegiatan ini, akan diciptakan dua karya baru yaitu satu kain batik dengan motif kolaborasi ASEAN yang bersumber pada motif-motif tradisional dari sepuluh negara ASEAN serta satu karya desain baju siap pakai yang terinspirasi dari desain busana tradisional di negara-negara ASEAN.

Kegiatan yang merupakan salah satu proyek kerjasama kebudayaan di bawah kerangka ASEAN Committee on Culture and Information (ASEAN COCI) ini terdiri dari beberapa acara. Indonesia akan melaksanakan Preparatory Meeting dan Workshop on Batik Motif sedangkan Malaysia akan menjadi tuan rumah untuk Workshop on Fashion Design dan Exhibition. Sebagai permulaan kegiatan, diselenggarakan Preparatory Meeting yang merupakan rapat persiapan untuk menyusun panduan kegiatan dan membahas hal-hal teknis seperti kualifikasi peserta yang diundang, prosedur penentuan motif kolaborasi, agenda dan program tentatif, dan lain sebagainya. Rapat yang bertempat di Ruang Rapat Gedung E Lantai 11 ini dipimpin oleh Kepala Subdit Diplomasi Budaya Luar Negeri, Restu Gunawan yang mewakili Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya dan dihadiri oleh panitia penyelenggara kegiatan dari Indonesia dan Malaysia. Delegasi dari Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia adalah Direktur Malaysian Handicraft Development Corporation cabang Sarawak, Azran bin Arip dan Direktur Malaysian Handicraft Development Corporation cabang Kelantan, Juhari bin Azmi. Selain itu, juga hadir tiga orang ahli sebagai narasumber yaitu Diah Harianti (Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Kemdikbud periode 2013-2015), Kusnin Asa (ahli batik dan penulis buku tentang ASEAN Batik) dan Venny Afwani Alamsyah (Direktur Rumah Batik Indonesia).

Pertemuan yang produktif dan berjalan lancar ini disambut baik oleh seluruh peserta rapat. Hasil dari pertemuan ini akan menjadi landasan bagi panitia penyelenggara dari Indonesia dan Malaysia untuk melaksanakan empat sub-kegiatan tersebut. Setelah pertemuan ini, akan dilakukan koordinasi secara intensif oleh kedua belah pihak dan Sekretariat ASEAN melalui email dan telepon.

Kepala Subdit Diplomasi Budaya Luar Negeri, Restu Gunawan (kiri) dan Delegasi dari Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia, Direktur Malaysian Handicraft Development Corporation  cabang Sarawak, Azran bin Arip (kanan)
Kepala Subdit Diplomasi Budaya Luar Negeri, Restu Gunawan (kiri) dan Delegasi dari Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia, Direktur Malaysian Handicraft Development Corporation cabang Sarawak, Azran bin Arip (kanan)