Pincak Khakot

0
1944

Pincak khakot Lampung adalah Tradisi leluhur yang berbentuk olahraga seni bela diri yang terinspirasi dari burung elang yang terbang di langit dipadukan dengan kekuatan pedang dengan diiringi para pendekar silat yang memiliki kekuatan tenaga dalam menyambut pasangan pengantin, tamu kehormatan dan lain-lain.

Pincak khakot merupakan pencak silat asli turun temurun dari Lamban Balak Kuripan yang merupakan rangkuman langkah dasar dari  pencak silat pada umumnya.Pincak khakot adalah olahraga seni bela diri khusus untuk laki-laki. Sebutan lain dari pincak khakot adalah rudat. saja. Sedangkan khakot sendiri berakar dari pagaruyung dan melayu yang mempunyai makna mempererat ikatan, “Khadu ti ikok ti khakot moneh” (Sudah diikat dipererat lagi).

Proses mempelajari pincak khakot dilakukan pada malam hari setelah ba’da isya selama 7 (tujuh)  malam berturut-turut tanpa batal yang secara teknis mengandalkan, yaitu :

1. Kecepatan

2. Ketepatan

3. Kekuatan

4. dan Keseimbangan

Namun Pincak khakot tidak seperti pencak silat pada umumnya. Karena pencak silat yang pada umumnya memiliki pola yang sangat sederhana. Pincak

Khakot merupakan olahraga seni bela diri yang berasal dari turun temurun yang memiliki ciri khas yang unik. Keunikan itu sendiri selain dari bentuk gerakannya terdapat isilah persilatan yaitu : “tidak ada istilah mundur sekali maju menyerang pantang untung mundur.”

Untuk menjadikan silat ini menyatu dengan tubuh, membutuhkan waktu yang cukup lama karena sulitnya pengolahan tenaga dalam. Ciri Khas pengolahan dari tenaga dalam itu sendiri berupa: Apabila dia mau datang tenaga dalam itu pasti diiringi angin ribut.Yang terjadi selama 5-10 menit sebelum tenaga dalam itu datang. Tapi tidak menimbulkan kerusakan.

Pincak khakot ini merupakan olahraga seni bela diri yang sangat tertutup dan sangat sakral. Dasar Filosofi dari pincak khakot adalah untuk menjaga para tamu agung tersebut dari ancaman bahaya yang bisa datang kapan saja.

Makna yang terkandung dalam Pincak Khakot memahami tentang sejarah atau asal usul Pincak Khakot Lampung dan tradisi berupa upacara adat yang ada di Lampung dan tata cara kehidupan, serta nilai-nilai yang dapat kita ambil dari tradisi suku Lampung

Pincak Khakot berfungsi Pincak khakot Lampung adalah Tradisi leluhur yang berbentuk olahraga seni bela diri yang terinspirasi dari burung elang yang terbang di langit dipadukan dengan kekuatan pedang dengan diiringi para pendekar silat yang memiliki kekuatan tenaga dalam menyambut pasangan pengantin, tamu kehormatan dan lain-lain.

 

Keterangan

Tahun :2019

Nomor Registrasi :201900900

Nama Karya Budaya :Pincak Khakot

Provinsi :Lampung

Domain :Tradisi dan Ekspresi Lisan

Sumber: Website Warisan Budaya Takbenda