PIKNIK di Bali Berlenggang ke New York

0
987

Sebagai tindak lanjut 2015 PEN World Series on International Literature, Segal Center kembali menampilkan pembacaan naskah lakon (naskah drama) dari para dramawan dunia. Masing-masing penulis dunia berdasar kategorisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

PEN World Voices tahun 2015 menampilkan 9 perserta dari 9 negara berbeda, salah satunya Indonesia. Joned Suryatmoko, yang terpilih mewakili Indonesia merupakan Penulis naskah lakon Gardanalla Yogyakarta dan Direktur Indonesia Dramatic Reading Festival (IDRF). Dalam kesempatan tersebut, Joned yang penampilannya difasilitasi oleh Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya membawakan naskah berjudul PIKNIK.

PIKNIK adalah naskah satu babak dengan tiga karakter utama. Naskah bergaya realis ini mengambil latar tempat di sebuah toilet hotel berbintang di Jimbaran, Bali. Naskah ini bercerita tentang Bali sebagai tempat untuk melihat banyak hal-hal yang indah.

Joned tampil di hari ketiga bersama dengan dua penulis naskah lakon lainnya. Tepat sesaat setelah pengantar dari Direktur Martin E Segal Theater, naskah PIKNIK pun dibacakan. Melibatkan satu orang sutradara pembacaan, Eric Ting, serta 4 (empat) aktor New York keturunan Asia,

Pembacaan PIKNIK dihadiri oleh berbagai jenis penonton. Sekitar 100 orang hadir memenuhi gedung yang berkapasitas 150 orang tersebut untuk menghadiri pembacaan. Penonton juga sangat aktif dan antusias untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan Joned, sang penulis naskah.

Memperkenalkan keindahan alam Indonesia melalui naskah yang dibawakan dalam pementasan naskah lakon merupakan hal yang positif dari sudut pandang diplomasi budaya. Diektorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya sangat mendukung partisipasi dan prestasi masyarakat Indonesia sebagai agen diplomasi budaya di luar negeri.