Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memperkenalkan ragam budaya Indonesia ke mancanegara melalui Rumah Budaya yang akan ditempatkan di 19 Negara, diantaranya 17 negara yang terdapat Atdikbud; Amerika Serikat, Australia, Belanda, Inggris, German, Prancis, Saudi Arabia, Mesir, Tiongkok, India, Jepang, Malaysia, Papua Nugini, Singapore, Thailand, Timor leste, Filipina, dan 2 Negara lainnya adalah Myanmar dan Turki. Pengembangan Rumah Budaya Indonesia (RBI) di 19 Negara ini merupakan program lanjutan 10 RBI yang sudah terbentuk sebelumnya.

Rumah Budaya Indonesia memiliki tiga fungsi. Fungsi pertama merupakan Culture Learning. Warga Negara Asing ataupun WNI yang berada di Negara tersebut dapat belajar budaya Indonesia di RBI. Fungsi kedua yaitu Culture Expression, yang biasanya dilakukan dengan mengadakan festival kebudayaan Indonesia. Fungsi yang terakhir adalah sebagai Advocacy and Promotion.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan masing-masing Negara bertugas untuk membuat kegiatan budaya yang akan di dukung oleh Direktorat Warisan Diplomasi dan Budaya, Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDB), dan Pusat Pengembangan Film (PUSBANGFILM).

TINGGALKAN KOMENTAR