Noken: Cerminan Jalinan nan Utuh

0
979

noken_indonesia
Noken, salah satu warisan budaya takbenda Indonesia yang masuk dalam ICH list UNESCO – doc:www.indonesia-heritage.net

Pada tanggal 4 Desember 2012, UNESCO menetapkan Noken Multifunctional Knotted or Woven Bag, Handcraft of The People of Papua sebagai Warisan Budaya Takbenda yang masuk dalam daftar Intangible Cultural Heritage in Need of Urgent Safeguarding.

Noken merupakan kerajinan tangan khas masyarakat Papua berbahan baku serat pohon atau daun pandan yang dirajut dan dianyam, terkadang diberi warna dan berbagai perhiasan. Noken tidak hanya sebagai salah satu identitas budaya, melainkan sudah menjadi kebanggaan masyarakat Papua secara keseluruhan.

Lebih dari sekedar sebuah kriya, noken sesungguhnya merupakan cerminan masyarakat Papua yang sadar akan keberadaannya sebagai bagian dari keseluruhan masyarakat Papua, dalam konteks kebudayaa yang lebih luas. Mereka menempatkan dirinya sebagai sebuah lintingan benang kayu yang terajut dalam noken kehidupan yang utuh, kuat dan harmonis. Noken sejatinya mengajarkan seluruh masyarakat Papua untuk bersatu-padu. Terjalin dalam ikatan yang erat, utnuk membangun masa depan yang lebih maju dan beradab. (Nurman Sahid)