Larut dalam Film Indonesia dan Lezatnya Rendang

0
1032

the_fox_exploits_the_tiger's_might
Film Indonesia berpartisipasi dalam Cannes Film Festival ke- 68

Festval Film Cannes ke-68, berlangsung pada tanggal 13 – 24 Mei 2015, dan kali ini Delegasi Indonesia berpartisipasi dengan menampilkan beberapa film untuk berkompetisi. Film karya anak bangsa yang ditayangkan pada hari pertama adalah “Tabula Rasa” (event Cinema des Antipodes, Cannes Cinephies, untuk kategori kompetisi Ecrans Senior), “Filosofi Kopi” (untuk Market Screening pada Pasar Film) serta “The Fox Exploits the Tiger’s Might” (untuk kompetisi bergengsi La Semaine de La Critique), film yang difasilitasi oleh Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya. Pada tahun 1989 juri pada kompetisi kategori terakhir ini pernah menobatkan film Tjoet Nyak Dhien sebagai Best International Film.

Delegasi Indonesia juga tampil dengan booth “Indonesian Cinema”. Booth ini merupakan tempat distribusi berbagai informasi mengenai perfilman, kebijakan dan perkembangan perfilman Indonesia; ajang transaksi/kesempatan bisnis; dan promosi industri film Indonesia. Dalam dua hari pertama pelaku industri film dari Hongkong dan Perancis telah mengadakan pertemuan dengan Delegasi Indonesia. KJRI Marseille memanfaatkan pula festival ini untuk mempromosikan kuliner Indonesia melalui penyajian rendang pada cocktail party sesuai kompetisi Ecrans Senior.

Keikutsertaan Delegasi Indonesia dari unsur pelaku perfilman pada rangkaian kegiatan Festival Film Cannes dipandang penting untuk memperluas jejaring serta sebagai wadah pembelajaran yang baik bagi insan perfilman Indonesia, dari aspek pengaturan dan penyelenggaraan Festival Film berskala internasional serta dari segi kualitas film yang ditayangkan.

Sumber: Release Konsulat Jenderal Republik Indonesia, dengan sedikit gubahan.