Koordinasi Tim Komunikasi “Europalia : Arfs Festival Indonesia”

0
716

Penyampaian progress dari Tim komunikasi yang dipercayakan kepada Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya (WDB) dipimpin langsung oleh Direktur Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Dr. Nadjamuddin Ramly, M.Si. Direktur menyampaikan bahwa WDB mendapat 2 peran penting dalam kegiatan “Europalia” ini yaitu sebagai Sekretariat Europalia (terdapat kantor yang sudah disiapkan beserta 4 orang staff yang akan bertugas), serta sebagai pelaksana Publikasi dan Informasi. Publikasi sudah mulai dilaksanakan yaitu Press conference yang dilakukan pada tanggal 15 September 2017 yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Belgia, Direktur Europalia, Duta Besar Indonesia untuk Belgia, dan Perwakilan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktur WDB memimpin rapat koordinasi untuk mengetahui progress Tim Komunikasi Europalia

Sejauh ini dokumentasi sudah mulai berjalan dengan mengumpulkan tulisan, photo, video untuk menjadi bank data (pusat informasi). Sosialisasi dengan pihak-pihak terkait sudah dan masih dilakukan. Pemberdayaan KBRI di Eropa dan Kedubes Eropa di Indonesia. KBRI Eropa sudah dihubungi oleh Europalia International. Kedubes Eropa di Indonesia ingin membuat Europalia Corner dan sudah meminta Kemenlu untuk membantu sosialisasi ini.

Tim komunikasi ini difokuskan pada kampanye di dalam negeri untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang apa yang dilakukan Indonesia di Europalia, juga menerangkan hal-hal yang diangkat mengenai statement/isu apa yang dibawa ke Eropa. Berikut ini kegiatan-kegiatan yang sudah dan yang akan diselenggarakan oleh Tim Komunikasi

Press Trip:

Membawa media Belgia untuk datang ke beberapa tempat di Jakarta, Solo dan Jogjakarta. Media sudah mulai menuliskan baik di Social Media pribadi maupun media yang mereka wakili.

 

Media Visit:

  • Kompas TV, Kompas Gramedia Group, Kantor Berita ANTARA.

 

Next Media visit:

  • Smart FM, CNN Indonesia, The Jakarta Post

 

Media Exposure

  • DAAI – Pengisi acara : Restu Gunawan
  • TVOne: Kurator Musik dan Music Selector David Tarigan pada acara Coffee Break

 

Next Media Exposure

  • TVRI
  • Kompas TV – Bingkai Inspirasi (Kurator Film dan Sutradara)
  • Metro TV – Primetime News
  • RRI

 

Events and Public Engagement

  • International Indonesia Book Fair (IIBF) – Tanggal 6 – 10 September 2017 di Jakarta Convention Center
  • Komunitas Rampai Indonesia

 

Mobile Experiental Art & Culture Show

  • Menggunakan Mobil Bioskop Keliling (Bioling).

 

Public Space Display – Gramedia (60 toko)

 

Europalia adalah sebuah asosiasi internasional non-profit yang berdiri sejak tahun 1959, di bawah naungan Raja Belgia yang menginisiasi festival setiap dua tahun. Festival Europalia merupakan kegiatan di bidang kebudayan terbesar dan bergengsi di Eropa, yang diadakan maksimal selama 4 bulan di 36 kota di delapan negara Eropa, dan dalam setiap kegiatannya selalu dibuka secara resmi oleh Raja Belgia bersama Kepala Negara / Pemerintahan dari Guest Country.

Festival Europalia meliputi pameran, pertunjukan seni, musik, literatur, kuliner, seminar, konferensi, dan film. Konsep penyelenggaraan bertema four pillars (empat pilar) yaitu heritage, contemporary, creations and exchange. Dan festival tersebut secara khusus menampilkan seni dan budaya dari Guest Country, dengan tujuan mempromosikan kebudayaan negara tersebut, agar lebih dikenal di Belgia khususnya, dan Eropa pada umumnya.

Festival Europalia Indonesia 2017, akan mengusung kegiatan pameran, seni pertunjukan, film, seni sastra. dan gastronomi. Persiapan program-program tersebut telah melibatkan pejabat pemerintah dan swasta, pakar, seniman, dan kurator masing-masing program dari Indonesia, yang melakukan komuniksi dan pertemuan-pertemuan dengan mitra kerjanya di Europalia International,sepanjang tahun.