Informasi Umum Anugerah Kebudayaan Indonesia & Maestro Seni Tradisi 2017

0
1047

Jakarta – Acara tahunan bertajuk Anugerah Kebudayaan Indonesia & Maestro Seni Tradisi 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 28 September 2017. Penghargaan Kebudayaan dan Pameran Karya Anak Bangsa ini merupakan program apresiasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Cq Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya sebagai bagian integral pembangunan karakter bangsa, sekaligus upaya memajukan kebudayaan bangsa.

Tahun ini akan ada 47 orang penerima penghargaan kebudayaan yang sudah ditetapkan dari berbagai kategori diantaranya:

  1. Kategori Bintang Budaya Parama Dharma sebanyak 3 penerima
  2. Kategori Satyalancana Kebudayaan sebanyak 8 penerima
  3. Kategori Pencipta, Pelopor dan Pembaru sebanyak 8 penerima
  4. Kategori Pelestari sebanyak 8 penerima
  5. Kategori Komunitas sebanyak 3 Komunitas
  6. Kategori Anak Remaja sebanyak 5 penerima
  7. Kategori Pemerintah Daerah sebanyak 5 penerima
  8. Kategori Perorangan Asing sebanyak 3 penerima
  9. Kategori Maestro Seni Tradisi sebanyak 4 penerima

Pemberian penghargaan akan diberikan langsung oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Prof. DR. Muhadjir Effendy, MAP. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan-penampilan seni musik dan seni tari, yaitu diantaranya kolaborasi musik etnik yang akan dibawakan oleh Dwiki Dharmawan, Irang Awai, Roland M. Lumbantobing, Irwansyah Harahap, Rudolf Joppy Sajow. Dan Penampilan seni tari Balet Indonesia dari Sanggar Ibu Marlupi Sijangga.

Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada generasi muda agar dapat melestarikan kebudayaan Indonesia dan dapat melahirkan karya budaya serta karya seni yang mengandung nilai-nilai estetik, etik, edukatif dan entertain.