Glenn Fredly: Musik Penting bagi Pemajuan Kebudayaan (3)

0
227
Glenn Fredly saat menerima Anugerah Kebudayaan yang disampaikan oleh Dirjen Kebudayaan

Pemerintah lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberinya Anugerah Kebudayaan untuk Kategori Pelopor, Pencipta, dan Pembaru tahun 2018. “Apresiasi ini sebagai bentuk tanggung jawab, tetapi juga sebuah gambaran apa yang saya kerjakan. Penghargaan ini mudah-mudahan mempunyai dampak signifikan tidak hanya untuk saya, tetapi juga bagi masyarakat”, ujarnya.

Glenn Fredly saat menerima Anugerah Kebudayaan yang disampaikan oleh Dirjen Kebudayaan

Baginya, musik adalah hal yang paling mendasar dalam masyarakat, baik itu ritual, merayakan panen atau apapun itu yang tidak bisa terpisahkan dari musik. Terlebih di Maluku, kata Glenn, musik bahkan merupakan bagian paling penting dalam masyarakat. Dulu di Indonesia bagian timur tidak dikenal literasi. Segala peristiwa penting “dicatat” lewat lagu.

Musisi ini mengemukakan, bangsa Indonesia lahir dan terbentuk dalam konteks kebudayaan. Kebudayaan itu telah menjadi jalan pikir. Bangsa Indonesia yang beraneka ragam bisa bersatu karena kebudayaan. Hal itu telah menjadi inspirasi bagi dunia.

“Saya bilang, keberadaan keberagaman budaya kita yang bisa merawat kompleksitas dunia hari ini. Indonesia terbentuk karena konteks budaya kita. Ini perlu masuk dalam pendidikan. Kebudayaan punya peran sentral”. ujarnya.

Bersama komunitas Kita Musik Indonesia, Glenn ingin memajukan industri musik agar bisa memberi makna signifikan bagi kehidupan masyarakat. Industri musik Indonesia telah berjalan 50 tahun lebih, tapi menurut Glenn, ada dua hal yang terlewatkan, yaitu pengelolaan dan perlindungan. Dua hal fundamental yang perlu dibenahi untuk membangun industri musik. Bila dua hal itu dilakukan, industri musik bisa memberi sumbangan besar bagi pendapatan negara, dan pada gilirannya dapat menyejahterakan kehidupan masyarakat. UU Hak Cipta dan UU Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017 sebagai acuannya. Ia berharap perjuangan itu akan makin memajukan industri musik dan budaya sebagai profesi yang diperhitungkan di masyarakat.

“Kalau saya melihat dari konteks musik, musik kita punya kesempatan atau peluang besar menjadi kekuatan ekonomi di masa depan kalau pengelolaan dan perlindungan dimulai dari sekarang sampai lima atau sepuluh tahun ke depan”, ujar Glenn, penyanyi-musisi yang penuh idealisme itu.

 

Disalin dari Buku Profil Penerima Anugerah Kebudayaan Tahun 2018

TINGGALKAN KOMENTAR